Kurangi Resiko Bencana Lonsong dengan Rumput Vertiver

rawan-longsor
dalam Aktual, Peristiwa 26 Oktober 201418:03 WIB 0 75 dikunjungi

Ilustrasi. (Foto: Hdm)
RANAHBERITA-Untuk mengurangi resiko bencana longsor yang mengancam masyarakat di Korong Hilalang Gadang, Nagari Parit Malintang, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, pegiat lingkungan mengkampanyekan agar menanam rumput vertiver, Minggu (26/10/2014).

Aksi itu dilakukan oleh Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Masyakat (LP2M), Wahli Sumbar, Mapala IAIN Imam Bonjol, dan Koma Unand.
Aksi nyata tersebut dimaksudkan agar masyarakat Korong Hilalang sadar lingkungan dan pentingnya menjaga tanah di kawasan tersebut. Sebab kawasan Korong Hilalang Gadang, sangat rawan bencana longsor. Sisi lainnya, masyarakat juga diajak melakukan budi daya, pembibitan, dan penanaman. Karena vertiver tersendiri juga memiliki nilai ekonomis.
Kegiatan ini dimaksudkan menciptakan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana dangan memanfaatkan keadaan lingkungannya sendiri. Mengingat 13 Oktober kemarin, merupakan hari pengurangan risiko bencana internasional.
Fabio Dinasti selaku Supervisor Wilayah Padang Pariaman dari LP2M mengatakan, Korong Hilalang Gadang, sebagai kawasan binaan dari LP2M saat ini sangat rawan longsor. Pernyataan tersebut berdasarkan hasil analisa resiko bencana dari KSB bersama masyarakat Korong Hilalang. Sebab, kendisi tanahnya rekosol/tanah pasamen. Ditambah lagi dengan masyarakat berprofesi sebagai pengrajin batu bata yang setiap harinya menggali tanah. Kondisi ini menjadi faktor pendukung terjadinya longsor.
“Kalau terjadi hujan di kawasan Korong Hilalang Gadang, longsor akan mengacam keselamatan masyarakat,” ujarnya.
Menurutnya, kampanye ini dilakukan sebagai langkah mitigasi dan pengurangi resiko bencana. Karena berdasarkan hasil survei, Sumbar merupakan market bencana, dan Korong Hilalang sangat rentan terjadi longsor.
Sementara, Perwakilan KSB Korong Hilalang Al Putra dalam kesempatan tersebut menyampaikan banyak ucapan terima kasih atas perhatian LP2M, Walhi, dan mahasiswa. Diakuinya, kawasan Korong Hilalang sangat rentan longsong, kemudian besar harapan kepada pemerintah sesegera mungkin melakukan pencegahan.
“Kami menyambut dengan tangan terbuka niat dan tujuan LP2M, Walhi, serta mahasiswa dalam mitigasi bencana di Korong Hilalang Gadang,” tuturnya. (Andika/Ed5)
http://ranahberita.com/33789/kurangi-resiko-bencana-lonsong-dengan-rumput-vertiver

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: