Gelar Demo, 13 Ormas Sumbar Tolak RUU Pilkada

Gelar Demo, 13 Ormas Sumbar Tolak RUU Pilkada
Tuesday, 16 September 2014 18:26 Ikhwan

padekco-8KhnC
Puluhan masyarakat yang didominasi mahasiswa mengatasnamakan Aliansi Mendukung Pilkada Langsung menggelar unjuk rasa bertempat di Bundaran POS, Imam Bonjol, Kota Padang, Selasa (16/9).
Massa sendiri menuntut agar DPR RI tidak mengesahkan RUU Pilkada yang dipindahkan kepada DPRD yang dinilai mencederai demokrasi.

Aksi sendiri digelar dengan orasi dan pembagian selebaran yang berisi terkait dampak jika Pilkada dilakukan melalui DPRD.

“Tolak Pilkada via DPRD, itu namanya mencederai demokrasi. Demokrasi itu adalah rakyat, jadi Pilkada itu harus langsung,” sorak Koordinator Aksi, Farhan Mufti Akbar saat berorasi.
Pengunjuk rasa sendiri menilai RUU PIlkada yang tengah dibahas DPR RI merupakan kemunduran demokrasi. Menurut mereka, RUU Pilkada tersebut sama saja kembali pada zaman orde baru.
“Ini suatu kemunduran, kenapa ? Sewaktu zaman orde baru kepala daerah dipilih oleh DPRD, lalu dipindahkan kepada rakyat saat reformasi. Tapi, sekarang mau balik lagi ? Sama saja kembali ke orde baru,” tegasnya.
Lanjutnya, alasan yang diapungkan oleh sejumlah Anggota DPR pendorong RUU Pilkada tersebut, menurut mereka tidak masuk akal. “Mereka (DPR) menyebut, untuk menghemat anggaran lalu meminilasir politik uang, itu tidak masuk akal, karena itu kembali lagi terhadap tingakah buruk calonnya, bukan rakyat,” tuturnya.
Untuk itu, mereka menyuarakan empat tuntutan dalam aksi unjuk rasa tersebut. Pertama, tetap mempertahankan Pilkada langsung sebagai bentuk penghormatan atas hak rakyat selaku penentu kepala daerah.
Kemudian, mendesak pemerintah menarik kembali RUU Pilkada, apabila DPR RI tetap bersikukuh untuk melaksanakannya melalui DPRD. “Terakhir, kita minta agar pembahasan RUU Pilkada ditunda sampai pemerintahan baru hasil pemilihan umum terbentuk,” tutupnya.
Dalam aksi unjuk rasa tersebut, ada setidaknya 13 organisasi yang turut serta diantaranya Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Hukum Unand, LBH Pers Padang, Q-Bar, LBH Padang, Walhi Sumbar, PBHI Sumbar, SLPP, Poros Rakyat, LPM Gema Justisia, PHP Unand, LAM & PK Unand, Kajian Kritis Unand dan Perhimpunan Mahasiswa Tata Negara Hukum Unand.
Last Updated ( Tuesday, 16 September 2014 18:38 )
http://radiosushifm.com/home/index.php?option=com_content&view=article&id=412:ikhwan&catid=8:news

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: