Ditimpa Beringin, 1 Rumah Ambruk

Ditimpa Beringin, 1 Rumah Ambruk

Tiada hujan tiada badai, tiba-tiba pohon beringin tumbang. Sebuah rumah semipermanen di RT 03 RW II No 14 Kelurahan Teluk Bayur Kecamatan Padang Selatan ditimpa pohon tua dan lapuk itu kemarin (17/9). Beruntung tidak ada korban jiwa, namun dua kamar tidur dan ruang tamu ambruk.

Pemilik rumah Yunardi, 52, mengatakan, musibah itu terjadi pukul 04.00, saat dirinya sedang tertidur. Irmawati, 48, istrinya, mengaku dahan pohon itu patah padahal tidak ada angin kencang. Kini, Yunardi beserta empat anaknya menumpang di rumah tetangga. “Tidak ada hujan dan angin kencang, tiba-tiba pohon ini patah. Ada empat cabang besar yang menimpa rumah kami. Kami sangat terkejut,” ungkapnya.
Yunardi mengatakan, dahan pohon itu patah dua kali, pukul 04.00 dan pada pukul 07.00. “Kamar dan ruang tamu rata dengan tanah,” tambah Yunardi.Kasi Kedaruratan BPBD-PK Padang, Basril menyebut, dahan pohon tersebut patah karena telah lapuk.
“Pohon beringin itu memang sudah tua. Kami sudah bersihkan dahan pohon itu,” ungkapnya.
Kepala BPBD-PK Padang, Dedi Henidal mengakui kawasan itu rawan ditimpa pohon. “Rumah di sana tidak berkelompok. Banyak yang dekat dengan tebing di atasnya tumbuh pohon besar,” ujarnya.Ia mengimbau masyarakat lebih waspada pada malam hari, apalagi pada saat cuaca sedang buruk seperti hujan dan badai. “Kawasan Bukit Gado-Gado dan perbukitan dari Gates hingga Bungus tingkat pohon tumbangnya cukup tinggi. Untuk itu, saya imbau agar masyarakat waspada,” ujarnya.
Diberitakan Padang Ekspres sebulan lalu, pohon-pohon pelindung di ibu kota Sumbar ini sudah banyak yang lapuk dan rimbun sehingga mengancam jiwa pengguna jalan dan rumah warga. Namun, DKP Padang mengklaim telah rutin mengecek kondisi pohon-pohon pelindung tersebut. (*)
http://www.koran.padek.co/read/detail/6059

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: