PD Pembangunan Siantar akan Buat Bank Sampah di Tiap Kecamatan

PD Pembangunan Siantar akan Buat Bank Sampah di Tiap Kecamatan
Minggu, 31 Agustus 2014 17:02 WIB
Laporan Wartawan Tribun Medan / Abul Muamar

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR – Untuk mengatasi persoalan sampah yang menumpuk karena hanya ada satu tempat pembuangan sampah akhir, Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Pematangsiantar akan mendirikan bank sampah di delapan kecamatan yang ada.

Dirut PD Pembangunan Herowin Sinaga mengatakan, persoalan sampah yang terjadi di Siantar selama ini disebabkan oleh tiadanya pengelolaan dan pengolahan sampah yang baik dan terstruktur.

“Kita akan mengadakan mesin untuk mengolah sampah di tiap-tiap kecamatan. Kita letakkan di bank sampah itu nantinya,” ujarnya, Minggu (31/8/2014), saat dihubungi.

Herowin mengajak masyarakat agar peduli dan sadar akan kebersihan dengan tak lagi membuang sampah sembarangan. Setiap yang menuruti akan diberi kompensasi berupa uang dari sampah-sampah yang dikumpulkan.

“Nanti kita pekerjakan masyarakat untuk mengambil sampah-sampah ke rumah-rumah warga. Orang itulah yang mengambil sampah ke rumah-rumah warga, setelah itu nantinya akan dibawa ke bank sampah yang ada di kecamatan untuk dikelola dan diolah,” ujarnya.

Seperti halnya pembangunan terminal pada unit usaha transportasi, lahan untuk pembangunan bank sampah juga akan memakai lahan warga dengan sistem bagi hasil.

“Harga sampah nantinya akan bervariasi, tergantung jenis dan kegunaan sampah itu,” katanya.

Untuk menghindari benturan dengan pemulung, Herowin pun akan menggandeng mereka untuk bergabung. “Mereka akan kita ajak bergabung. Sehingga nanti sama-sama enak,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, untuk mengatasi kemacetan, PD Pembangunan Pematangsiantar membuat program TST, dari unit usaha transportasi.
http://medan.tribunnews.com/2014/08/31/pd-pembangunan-siantar-akan-buat-bank-sampah-di-tiap-kecamatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: