Kapolda Riau Instruksikan Jajarannya tetap Siaga Pantau Karhutla secara Online

Kapolda Riau Instruksikan Jajarannya tetap Siaga Pantau Karhutla secara Online
Penulis – Soegi
E-mail Array Cetak Array PDF
Share
Senin, 07 Juli 2014 16:27 WIB
Kapolda Riau Brigjend Pol Chondro Kirono

PEKANBARU, DELIKRIAU.COM – Meskipun titik api (hot spot) saat ini telah mulai berkurang, namun Kapolda Riau Brigjen Pol Chondro Kirono terus menginstruksikan seluruh jajarannya, terutama kepada para Kapolres hingga Kapolsek untuk tetap siaga memantau perkembangan titik api di wilayah kerjanya masing-masing.

Kebakaran
Kapolda menginstruksikan agar jajarannya secepatnya mengecek dan melaporkan, apabila ditemukan titik api, tidak penting besar atau kecil.

“Asalkan sudah menimbulkan asap, apalagi asap itu terlihat cukup tebal, aparat kepolisian harus segera turun ke lokasi. Buat police line.” ungkap Brigjen Pol Chondro Kirono kepada DELIK RIAU, Senin pagi (7/7) di ruang kerjanya.

“Jajaran kami di Polres dan di Polsek sudah mendapat pelatihan beberapa waktu lalu, agar dapat mempergunakan system pemantau titik api secara online di komputernya masing-masing. Sehingga, setiap saat, bahkan menit, titik api yang muncul dapat dideteksi dengan cepat.”

Lebih jauh Chondro menjelaskan, pemantauan titik api secara online tersebut juga berintegrasi dengan kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau. Sehingga koordinasi akan dapat segera dilakukan antara pihaknya dengan BPBD apabila ada kejadian dilapangan yang perlu penanganan secara bersama-sama.
Sebagai mana diberitakan media sebelumnya, peristiwa kebakaran lahan terjadi di Riau sejak beberapa pekan terakhir.

Satelit Modis Terra dan Aqua serta Satelit NOAA 18 milik Amerika Serikat yang dioperasikan Singapura mendeteksi kemunculan titik panas (hotspot) terbanyak berada di wilayah Kabupaten Rokan Hilir. Ada hampir 120 titik api yang terdeteksi.

Titik panas merupakan hasil pendeteksian satelit dari suhu udara di atas 40 derajat celsius sehingga patut diduga sebagai peristiwa kebakaran hutan dan lahan.

“Saya sudah perintahkan para Kapolres hingga Kapolsek untuk melakukan upaya dini untuk pencegahan. Namun, jika sudah terjadi kebakaran hutan, kita perintahkan untuk mencari siapa pelakunya,” ungkap Condro lagi.

Selain menginstuksikan kepada jajarannya, Kepolisian Daerah Riau saat ini tetap koordinasi dengan pihak BPBD, BMKG, TNI dan pemerintah kabupaten dan kota untuk terus bersama-sama melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran lahan dan hutan di Riau. (Gie)
http://delikriau.com/pekanbaru/pekanbaru/2160-kapolda-riau-instruksikan-jajarannya-tetap-siaga-pantau-karhutla-secara-online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: