Jokowi Sambangi Kantor WALHI

NEFOSNEWS, Jakarta – Calon Presiden Joko Widodo harus memperhatikan masalah lingkungan jika terpilih jadi presiden nanti. Salah satunya adalah dengan membentuk lembaga ad hoc khusus menangani masalah lingkungan.
Lembaga ini nantinya akan menyelesaikan konflik sumber daya alam di Indonesia. Demikian dijelaskan Abetnego Tarigan, Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) usai bertemu Joko Widodo di kantor Walhi pada Senin (12/5/2014).

Sebenarnya, lanjut Abetnego, Walhi telah mengusulkan hal ini pada pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono sejak sepuluh tahun yang lalu. Namun, hingga kini belum ada tanggapan.
“Sumber daya alam merupakan konflik yang luar biasa terutama agraria. Data dari Mabes Polri konlfik terbesar agraria itu setelah agama dan politik. Tapi ketertarikan publik terhadap masalah ini masih kecil,” jelas Abetnego.
Sementara itu, calon presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi masalah ekologi ini dengan serius. Menurutnya isu lingkungan tidak hanya menjadi masalah nasional, tetapi juga telah menjadi masalah global.
Hal itu tampak dengan adanya kenaikan bencana ekologis sekitar 300 persen. Suami Iriana tersebut menjelaskan masalah banjir di Jakarta terjadi karena masalah ekologi yang ada di atasnya tidak diperhatikan. Seharusnya untuk mengatasi banjir harus dari hulu dan hilir.
“Saya setuju dengan WALHI, memang harus ada badan yang menyelesaikan tentang lingkungan hidup karena sudah menjadi konflik berkepanjangan. Terutama yang berkaitan dengan sumber daya alam dan agraria banyak sekali. Kita punya masalah lingkungan mau perginya ke mana, ke Kementerian Perhutanan (Kemenhut), ke Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dan Kementerian Pertahanan juga bisa,” jelas Jokowi. (ima rusdiana)
Caption Foto: Calon Presiden Jokowi (swa.co.id)
__._,_.___

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: