Empat Perusahaan Bakar “Rawa Tripa” Dipidanakan

Empat Perusahaan Bakar “Rawa Tripa” Dipidanakan
redaktur /001 12 Mei, 2014 12:00 am Empat Perusahaan Bakar “Rawa Tripa” Dipidanakan2014-05-12T00:00:12+00:00 Featured News, Lingkungan, Peristiwa No Comment
Link: http://acehterkini.com/empat-perusahaan-bakar-rawa-tripa-dipidanakan/#.U3IWxIGSxp4
Ilustrasi
ACEHTERKINI.com | Perusahaan kelapa sawit yang membakar lahan gambut di Kabupaten Nagan Raya dan Aceh Barat Daya mulai dipidanakan oleh Negara. Sebelumnya perkara PT. Kallista Alam dan PT. SPS-2 lebih dahulu digugat secara perdata dan pidana oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH).
Sumber informasi akurat dan dapat dipercaya yang diterima acehterkini menyampaikan bahwa perkara Pidana PT. Gelora Sawita Makmur (GSM) yang beroperasi di Kabupaten Nagan Raya sudah Tahap II (red- pelimpahan berkas dari Polda Aceh ke Kejaksaan Negeri Suka Makmue Nagan Raya).

Pelimpahan tersebut dilakukan pada hari Jum’at (9/5/2014). PT. GSM dipidanakan karena lalai dan melakukan pembakaran di areal perkebunan sawit milik perusahaan tersebut.
“Ada tiga tersangka yang akan diadili yaitu satu atas nama perusahaan PT. GSM yang diwakilkan Direkturnya berinisial H. Kemudian dua orang lagi berinisial M dan J yang menjabat sebagai manager di PT. GSM,” kata sumber informasi tersebut.
Kasus PT. GSM ini akan diadili di Pengadilan Negeri Meulaboh, bersamaan dengan kasus pidana PT. SPS-2 dan PT. Kallista Alam.
Kemudian PT. Dua Perkasa Lestari (DPL) di Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya. “Untuk perusahaan ini perkara yang dipidanakan adalah membakar lahan gambut di areal perusahaan tersebut, satu perkara sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Blang Pidie yang tersangkanya salah seorang manager,” kata sumber tersebut.
Kemudian satu perkara lagi tersangkanya atas nama perusahaan yang diwakilkan Direkturnya berinisial U belum dilimpahkan karena Direktur perusahannya sakit.
Kasus Pidana PT. DPL ini akan diadili di Pengadilan Negeri Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan.
Catatan acehterkini, sudah empat perusahaan kelapa sawit dipidanakan oleh Negara karena telah membakar lahan gambut sehingga menyebabkan kerusakan lahan dan lingkungan di kawasan “rawa tripa” yang berada dalam Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) di Kabupaten Nagan Raya dan Kabupaten Aceh Barat Daya.
Empat Perusahaan tersebut adalah
1. PT. Kallista Alam (Digugat secara Perdata dan Pidana). Perkara Perdata sudah diputuskan, PT. Kallista Alam harus membayar ganti rugi sebesar lebih kurang Rp366 miliar kepada Negara. Kasus Perdata ini sedang dilakukan banding oleh PT. Kallista Alam di Pengadilan Tinggi Banda Aceh. Sedangkan kasus pidana sudah masuk tahap pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).
2. PT. Surya Panen Subur -2 (Digugat secara Perdata dan Pidana), Perkara Perdata hampir masuk pada putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Sedangkan kasus Pidananya baru dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Meulaboh pada 7 Mei 2014.
3. PT. Gelora Sawita Makmur (GSM) (Digugat secara Pidana), perkara ini sudah dilimpahkan berkasnya dari Polda Aceh ke Kejaksaan Negeri Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya pada Jum’at, 9 Mai 2014.
4. PT. Dua Perkasa Lestari (DPL) (Digugat secara Pidana), perkara ini sudah dilimpahkan berkasnya dari Polda Aceh ke Kejaksaan Negeri Blang Pidie, Kabupaten Aceh Barat Daya pada akhir April 2014. [red]
__._,_.___

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: