Seknas Jokowi Aceh Minta Penyelenggara Pemilu Profesional

Seknas Jokowi Aceh Minta Penyelenggara Pemilu Profesional
Apr 08, 2014
Link: http://atjehlink.com/seknas-jokowi-aceh-minta-penyelenggara-pemilu-profesional/
________________________________________
Banda Aceh – Hanya dalam hitungan jam, seluruh rakyat Aceh yang telah memiliki hak pilih, akan mengikuti pemilihan umum pada hari Rabu (09/04/2014) besok.
Menurut Ketua Presidium Seknas Jokowi Aceh, TM Zulfikar, masa depan Aceh dan Indonesia akan sangat ditentukan oleh kualitas dari keseluruhan proses demokrasi tersebut hingga terpilihnya wakil rakyat dari hasil Pemilu besok.
“Sayangnya, publik masih saja menemukan kenyataan bahwa pelaksanaan Pemilu 9 April 2014 besok, diyakini masih berada dibawah praktek intimidasi dan kecurangan dengan menggunakan cara kekerasan. Khususnya di beberapa lokasi TPS di sepanjang pantai Timur Aceh. Praktek tersebut dilakukan bahkan dalam masa minggu tenang,” kata dia kepada media ini, Selasa (08/04/2014).

Beranjak dari kondisi belakangan ini di Aceh, dan dalam rangka menyukseskan pemilu 2014 di daerah Aceh, pihaknya, kata TM Zulfikar, dengan ini menyampaikan dan meminta sekali lagi dengan segala hormat kepada Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, selaku penyelenggara pemerintahan di Aceh, agar benar- benar menjaga kualitas pelaksanaan Pemilu di Aceh.
“Pemilu yang berlangsung dibawah suasana terror dan melanggengkan praktek kecurangan hanya akan melahirkan suatu kepemimpinan/pemerintahan yang tidak legitimate yang lebih jauh bahkan akan merusak proses re-integrasi dan perdamaian yang sedang berlangsung di Aceh,” tuturnya.
Gubernur Aceh, kata dia lagi, bertanggungjawab sepenuhnya terhadap hal ini. Persatuan dan kesatuan Masyarakat Aceh akan sangat tergantung pada kearifan kepemimpinan Gubernur Aceh, Zaini Abdullah.
Disamping itu sebutnya, Kapolda Aceh, Irjen Pol Husein Hamidi, agar bersungguh–sungguh dan profesional dalam melaksanakan tugasnya sebagai penanggungjawab keamanan dan penegakan hukum di Aceh.
“Citra aparat Kepolisian Aceh dipertaruhkan dalam proses Pemilu 9 April 2014. Sebagai warga negara yang hak politiknya dijamin oleh konstitusi, kami meminta agar Kapolda Aceh berani memberikan jaminan keamanan secara terbuka kepada seluruh masyarakat Aceh untuk mengikuti Pemilu pada Rabu 9 April 2014.”
Kapolda, sebut mantan Direktur Walhi Aceh ini, harus membuktikan bahwa dirinya adalah polisi yang profesional yang berdiri atas dan untuk semua golongan dalam melaksanakan perintah Undang Undang Negara Kesatuan Republik Indonesia sebaik mungkin.
“Apabila Kapolda Aceh tidak mampu memberikan jaminan keamanan kepada seluruh rakyat Aceh untuk mengikuti Pemilu 9 April 2014, maka kami meminta dengan segala hormat kepada yang bersangkutan untuk mengundurkan diri sebagai Kapolda Aceh.”
Kepada Bawaslu dan KIP, lanjutnya, selaku lembaga yang bertanggungjawab terhadap pelaksanaan dan pengawasan pemilu sebagaimana yang diatur dan dijamin oleh Undang-Undang, agar dapat bekerja secara berani, jujur dan adil.
“Sehingga tidak ada lagi kasus seperti yang dilakukan oleh Ketua KIP Aceh Timur pada 7 April kemarin. Masa depan dan kualitas demokrasi Aceh akan sangat ditentukan dalam pelaksanaan Pemilu pada 9 April 2014,” imbuhnya.
Pihaknya juga sangat berharap, tandas dia, bahwa tidak ada lagi darah dan air mata yang tumpah di Bumi Aceh yang tercinta.
“Untuk itu, sekali lagi kami ingatkan bahwa, adalah salah satu tugas utama Pemerintah Aceh, termasuk didalamnya unsur Kepolisian, Kejaksaan dan pihak KIP Aceh serta Bawaslu, adalah memastikan penyelenggaraan Pemilu secara Aman, Damai, Jujur dan Adil sebagaimana yang telah diatur dan dijamin oleh konstitusi negara ini,” pungkasnya. (sp)
__._,_.___

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: