Persepsi Terhadap Riau akan Buruk

Persepsi Terhadap Riau akan Buruk
Jumat, 28 Maret 2014 09:16 WIB

Tribunpekanbaru/Melvinas
Kabut asap pekat di pinggir Sungai Siak Pekanbaru beberapa waktu lalu
TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Kabut asap yang melanda Riau di awal tahun 2014 ini, bahkan sampai ke tahap tanggap darurat, sangat berpengaruh kepada perekonomian. Namun, juga berpengaruh terhadap sosial dengan banyaknya masyarakat yang sakit akibat asap, berkurangnya aktifitas warga di luar rumah.

riau

Asisten Direktur Bidang Ekonomi Moneter Bank Indonesia Wilayah Riau, M Abdul Majid Ikram kepada Tribun, Rabu (26/3) menyebutkan, kabut asap berpengaruh terhadap sosial dan ekonomi. Kalau di bidang sosial berpengaruh kepada kesehatan masyarakat.

“Sedangkan di sisi ekonomi, berpengaruh kepada melambatnya aktifitas di sektor transportasi (laut, sungai dan udara). Khusus udara, bandara mengalami kerugian mencapai miliaran. Bandara yang ditutup berpengaruh kepada pendapatan maskapai, taksi, dan terus menjalar sampai ke penginapan,” ungkap Abdul Majid.

Bahkan, ulas Abdul Majid, masyarakat kecil yang membuka lapak pun berpengaruh, karena mereka terpaksa mengurangi aktifitas mereka. Akan tetapi, tidak berpengaruh signifikan terhadap harga, harga tetap terkendali, walau ada sebagian barang yang naik. Memang arus barang terhambat, namun hanya perlambatan.

“Sebenarnya yang lebih berbahaya adalah persepsi terhadap Riau, karena ini sudah pengulangan sejak tahun 1997. Dikhawatirkan, hutan menjadi komuditas luar negeri, ekspor CPO akan terhambat karena dianggap tidak ramah lingkungan. Otomatis untuk investasi akan berpengaruh. Maka, ini momentum terakhir, jangan sampai terulang lagi,” tutur Abdul Majid. (*)
http://pekanbaru.tribunnews.com/2014/03/28/persepsi-terhadap-riau-akan-buruk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: