Risma: Kesejahteraan Masyarakat Tergantung Tata Kelola Lingkungan

Risma: Kesejahteraan Masyarakat Tergantung Tata Kelola Lingkungan
Selasa, 11 Maret 2014, 18:59 WIB

Republika/Agung Supriyanto;

Tri Rismaharini
A+ | Reset | A-
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengemukakan bahwa dirinya berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya melalui pengelolaan lingkungan yang baik.
“Melalui pengelolaan lingkungan yang baik, masyarakat bisa hidup layak. Pertumbuhan ekonomi pun meningkat,” ujar wali kota yang karib disapa Risma, dalam acara rapat akbar Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) di Jakarta, Selasa (11/3).
Wali kota terbaik dunia itu menambahkan pembangunan Surabaya bukan hanya sekadar membangun, tetapi dengan kebersamaan membuat kota lebih ramah lingkungan. Risma menceritakan pada awalnya petani di Surabaya bagian barat tidak memperhatikan aspek lingkungan, tapi setelah dilakukan pembinaan untuk bercocok tanam berbasis lingkungan, kesejahteraan petani meningkat.risma
“Sebagian besar jadi petani sukses, dan merambah ke daerah lain,” jelas dia.
Begitu juga dengan petani garam yang meningkat kesejahteraan. Nelayan pun tak luput diajak Risma untuk mengelola hutan bakau. Hasilnya luar biasa, nelayan bisa hidup layak. Risma juga membuat taman-taman kota, dan mengajak masyarakat untuk membersihkan sungai. Saat ini, sejumlah ikan mulai hidup di sungai tersebut.
“Kami juga berusaha mencegah banjir, dengan memperbaiki saluran air,” lanjut dia.
Pertumbuhan ekonomi Surabaya pun pada awal pemerintahannya 2010 meningkat dari sebelumnya lima persen menjadi tujuh persen. “Tidak perlu takut mengelola lingkungan. Pembangunan berbasis lingkungan tidak membuat miskin, malah sejahtera,” tukas dia.
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/14/03/11/n29tbt-risma-kesejahteraan-masyarakat-tergantung-tata-kelola-lingkungan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: