Evaluasi APBD Dipersingkat Tiga Hari

Evaluasi APBD Dipersingkat Tiga Hari
Padang Ekspres • Senin, 03/02/2014 12:11 WIB • Redaksi • 181 klik
Sudirman, Padek—Gubernur Sumbar Ir¬wan Prayitno berjanji mempersingkat wak¬tu evaluasi APBD Padang tahun 2014 yang di¬¬sah¬kan pada Jumat (31/1) lalu. Dari jangka wak¬tu 14 hari, di¬per¬si¬ng¬kat menjadi 3 hari a¬gar Pemilihan Kepala Dae¬¬rah (Pilkada) Pa-da¬ng ¬pu¬¬taran kedua bisa di¬ge¬lar sebelum Pe¬milu 9 Ap¬ril nanti.

”Biasanya 14 hari, ta¬pi Gubernur ber¬janji mem¬¬persingkat menjadi ti¬ga hari,” ka¬ta Kepala Biro Pemerintahan Set¬da¬¬prov Sum¬bar, Syafrizal Ucok, kepada Pa¬dang Ekspres, ak¬hir pekan lalu.

De¬ngan demikian, Syafrizal mematikan pe¬¬lak¬sanaan pilkada putaran kedua tidak da¬pat dilakukan sebelum jabatan ke¬pa¬la dae¬rah berakhir pada 18 Feb¬ruari men¬¬datang. Pa¬-salnya, untuk per¬siapan pilkada butuh wak¬tu mi¬nimal 1 bulan. ”Dari jadwal ya¬ng disampaikan KPU, 26 Feb¬ruari atau 5 Maret 2014 un¬tuk pilkada putaran kedua, se¬-hingga akan ke¬ko¬so¬ng¬an ja¬ba¬tan kepala daerah. Jadi, besar ke¬mungkinan Padang di¬jabat pen¬jabat wali kota,” sebut Syaf¬rizal.

Untuk pelaksana tugas ha¬rian (plh) hanya diperbolehkan 7 sampai 14 hari. Jika lebih dari itu, harus penjabat wali kota yang ditunjuk. ”Kalau plh paling lama 14 hari. Jika sudah sebulan, idealnya penjabat wali kota. Sebab, boleh jadi ada calon yang menggugat ke Mah¬kamah Kon¬sti¬tusi,” ucapnya.

Syafrizal mengatakan, Gu¬ber¬nur akan mengusulkan tiga nama penjabat wali kota ke Kementerian Dalam Negeri. Se¬¬lanjutnya, Mendagri me¬mu¬tu¬s¬¬kan satu dari ti¬ga ¬kan¬di-dat yang diusulkan ter¬sebut se¬bagai penjabat wako Padang.

”Pengusulan tiga nama itu kewenangan gubernur. Siapa pun pejabat eselon II yang di-tunjuk atau diusulkan gu¬bernur ke Kemendagri, harus si¬ap me¬laksanakan amanah,” tegas Syafrizal, seraya me¬nga¬takan seluruh pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Sum¬bar memiliki peluang sama.

“Saat ini, nama-namanya masih dalam proses. Tentu, dalam pengusulan tersebut, gu¬be¬r-nur punya pertimbangan ma¬¬tang terhadap ca¬lon kan¬didat yang diusulkan ter¬¬se-but,” ujarnya.

Sumber Padang Ek¬sp¬re¬s ¬di Kantor Gubernur me¬nye¬¬but¬kan, pejabat eselon II Pem-prov yang berpeluang men¬du¬du¬ki jabatan tersebut adalah Kepala Biro Pemerintahan, Syaf¬rizal Ucok, Asisten I Bidang Pemerintahan Devi Kur¬nia,¬ Asisten III Sudirman Gani, Kepala Kesbang Irvan Khairul Ananda.

Di tempat terpisah, Ka¬pol¬da Sumbar Brigjen Nur Ali me¬ngimbau simpatisan dan kan-didat bersaing dalam pil¬ka¬da untuk siap menang dan siap kalah. Sebab, jika kedua pihak tak siap dengan dua ke¬mu¬ng¬kinan tersebut, bisa saja terjadi ge¬sekan.

”Kami mengingatkan sim¬pa¬tisan dua kandidat untuk ti¬dak melakukan aksi anarkis, apa-lagi pembakaran. Kami a¬kan me¬¬¬nindak tegas pela¬ku y¬a¬ng melakukan aksi tersebut,” im-baunya. (ayu)
[ Red/Administrator ]
http://padangekspres.co.id/?news=berita&id=49602

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: