DPRD Sumbar Targetkan APBD 2014 Ketuk Palu Enam Februari

DPRD Sumbar Targetkan APBD 2014 Ketuk Palu Enam Februari
28 January 2014 18:00 | • Wartawan : Andri Mardiansyah • Editor : Wina • Dibaca : 307 kali
Hasil rapat antar pimpinan dewan dan Komisi DPRD Sumbar yang digelar pasca pembacaan nota pengantar rancangan peraturan daerah tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2014 oleh Irwan Prayitno, Gubernur Sumbar, Senin (27/1) lalu menetapkan, pembahasan dan penetapan APBD 2014 dipercepat pada 6 Februari mendatang, jadwal ini lebih cepat dari jadwal semula yakni 11 Februari.

Sedikitnya ada tiga poin yang dihasilkan dalam rapat tersebut, antara lain, dalam rangka percepatan pembahasan dan penetapan Ranperda tentang APBD 2014, DPRD sepakat untuk melakukan penyesuaian tahapan dan alokasi waktu pembahasan ranperda APBD 2014 sebagaimana yang telah ditetapkan sebelumnya dalam rapat badan musyawarah DRPD Sumbar tanggal 15 januari lalu.

Dengan adanya penyesuaian tersebut diharapkan Ranperda tentang APBD 2014 dapat disepakati dan ditetapkan menjadi peraturan daerah pada minggu pertama bulan Februari dan langsung disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri untuk kemudian dapat dilakukan evaluasi.

Apabila Ranperda dapat disepakati dan ditetapkan pada minggu pertama Februari, maka pelaksanaan atau realisasi program dan kegiatan yang ditampung dalam APBD 2014 dapat dilaksanakan paling lambat minggu ketiga bulan Februari, program dan kegiatan dalam rangka pelayanan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat telah dapat dilaksanakan oleh semua SKPD terkait.

Tiga poin yang dihasilkan ini merupakan bentuk penyederhanaan proses pembahasan dengan tidak melanggar prosedur yang sudah ada. Lahirnya tiga ketentuan tersebut juga berdasarkan atas permintaan dari anggota dewan saat sidang paripurna kemarin (Senin (27/1), berlangsung yang meminta adanya sebuah format yang dapat mempercepat pengesahan dan penetapan APBD 2014. “Yang jelas, jika tidak ada lagi perbedaan dan perubahan atas apa yang disampaikan Gubernur, maka besar kemungkinan Enam Februari APBD 2014 ketuk palu ” ucap Yultekhnil, Ketua DPRD Sumbar, Selasa (28/1).

Sebelumnya, Gubernur Irwan Prayitno, menyebutkan Penyampaian Ranperda APBD tahun ini ada nuansa yang berbeda jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dimana dalam penyampaian nota pengantar Ranperda APBD 2014 baru dapat kita laksanakan pada tahun anggaran berkenaan, jika kita mengacu kepada ketentuan yang berlaku. Seharusnya penyampaian nota pengantar Ranperda APBD 2014 sudah dilaksanakan pada bulan Oktober, sehingga di bulan November 2013 lalu Rancangan APBD ini telah dapat disetujui bersama.

Skenario kita, pengesahan dan penetapan APBD 2014 dilaksanakan pada 11 Februari, namun jika dilihat dari semangat rekan-rekan anggota dewan menginginkan jadwal itu dipersingkat dengan tidak melanggar mekanisme dan prosedur yang ada, bisa saja ketuk palu APBD dipercepat,” tutup, Irwan Prayitno. (*)

http://padangtoday.com/today/detail/53901

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: