PRES RELEASE PERKUMPULAN QBAR MASYARAKAT NAGARI GUGUAK MALALO DESAK GUBERUR SUMBAR PUBLIKASIKAN HASIL AUDIT LINGKUNGAN PLTA SINGKARAK

Pada Jumat, 24 Januari 2014 15:29, Qbar Padang menulis:
PRES RELEASE PERKUMPULAN QBAR
MASYARAKAT NAGARI GUGUAK MALALO DESAK GUBERUR SUMBAR PUBLIKASIKAN HASIL AUDIT LINGKUNGAN PLTA SINGKARAK

Jumat, 24 Januari 2014 melalui surat no. 3/I/LPUN/Nag.MII/2014, Lembaga Peduli Ulayat Nagari mengirimkan surat perihal “Desakan Publikasi Hasil Audit Lingkungan Di PLTA Singkarak” yang ditujukan kepada Gubernur Provinsi Sumatera Barat. Surat ini juga ditembuskan kepada Bupati Tanah Datar, Kepala Bapedalda Sumatera Barat, Kepala PLN Wilayah Sumatera Barat, Kepala PLN Pembangkit Cabang, Ketua Pusat Studi Lingkungan Hidup Universitas Andalas, Perkumpulan Qbar, Walhi Sumatera Barat, LBH Padang serta SSS-Pundi Sumatera.

Sebelumnya, pada awal tahun 2013 telah dilakukan pertemuan antara PLN, Masyarakat Nagari Guguak Malalo, Pusat Studi Lingkungan Hidup Universitas Andalas (PSLH Unand) serta Tim Pendamping Nagari Guguak Malalo yang difasilitasi oleh Gubernur Sumatera Barat. Pertemuan tersebut menghasilkan bahwa akan dilakukan audit lingkungan terhadap keberadaan dan operasional PLTA Singkarak di Nagari Guguak Malalo, Kabupaten Tanah Datar. Mandat, pelaksanaan audit lingkungan diberikan kepada PSLH Unand sebagai Tim Audit. Kemudian juga disepakati bahwa hasil audit akan di publikasikan secara bersama-sama dengan Gubernur, Bupati Tanah Datar dan pihak-pihak yang berkepentingan, yang direncakan pada akhir tahun 2013.

Setelah itu, tim PSLH melakukan audit di Guguak Malalo dalam rentang waktu Juli-November 2013. Namun, sampai sekarang masyarakat Guguak Malalo belum menerima hasil audit tersebut. Artinya, ada kemunduran dari jadwal yang telah ditentukan. Hal ini membuat risau masyarakat.

Keberadaan hasil audit sangat berarti bagi masyarakat Guguak Malalo, karena 4843 KK di Nagari Guguak Malalo terancam kekeringan dan bencana alam. Dua minggu yang lalu, di Jorong Duo Koto Nagari Guguak Malalo terjadi bencana longsor. Pada awal 2013 juga terjadi banjir bandang di Nagari Guguak Malalo. Pasca, proyek pembangunan PLTA dan terowongan di Nagari Guguak Malalo, kekeringan terjadi di sebelas kampung Nagari Guguak Malalo. Tidak ada lagi air yang mengairi sawah dan ladang. Sehingga, kampung-kampung itu sekarang ditinggalkan oleh masyarakat.

Masyarakat berharap hasil audit dapat memberikan informasi lengkap terkait dengan aktifitas PLTA Singkarak selama ini. Sehingga, jelas apa yang dilakukan kedepan oleh masyarakat, pemerintah daerah serta pihak PLTA dalam menyelesaikan permasalahan ini. Oleh karena itu, masyarakat Guguak Malalo mendesak Gubernur Sumatera Barat untuk segera mengambil tindakan guna mempublikasikan hasil audit lingkungan PLTA Singkarak di Nagari Guguak Malalo.

Hormat kami,

Naldi Gantika
Divisi Resolusi Konflik
Perkumpulan Qbar

Hp : 081266425282
Email : gantika74@yahoo.co.id
Kantor : qbar.padang@gmail.com
Telp. : 0751-28911
Jalan Sawahan Dalam III No. 3B Padang, Sumatera Barat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: