Plat Merah Bawa Kayu tak Berdokumen

Plat Merah Bawa Kayu tak Berdokumen
Padang Ekspres • Senin, 06/01/2014 12:05 WIB • Redaksi • 47 klik
Pasbar, Padek—Petugas Satreskrim Polres Pasbar menangkap sebuah truk ber¬plat merah milik Dinas Per¬hubungan Pasbar yang mem¬bawa sejumlah 80 kusen jen¬de¬la dari Mudiak Simpang Ta¬lamau, Minggu Dini hari (5/1).

Kapolres Pasbar, AKBP Sofyan Hidayat didampingi Kasat Reskrim Polres Pasbar, AKP Indra Syahputra me¬ngatakan, truk berplat nomor BA 9006 SK itu rencananya akan membawa kusen terse¬but ke Lubukbasung Agam. Setelah ditelusuri, ternyata truk yang diperuntukkan Dis¬hub untuk kendaraan perintis di Jorong Mudiak Simpang Kajai Talamau itu disewa seharga Rp 600 ribu.

AKP Indra Syahputra me¬ma¬parkan, saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan Pasbar un¬tuk melakukan penyidikan terhadap pelaku yang ber¬nama Fajri, 59, warga Jor¬ong Mudiak Simpang Kenagarian Kajai, Talamau, Pasbar.

Sementara, Kabid Perlin¬dungan dan Bina Hutan pada Dinas Kehutanan Pemkab Pasbar, Zulkifli menegaskan, penangkapan yang dilakukan Satreskrim Polres Pasbar perlu diapresiasi.

Jumlah kubikasi kayu itu mencapai 3,1 kubik dengan jenis kayu ekspor atau minimal setara meranti. Kayu yang ditangkap itu sebagian besar sudah barang jadi atau dalam bentuk konsen, jendela dan pintu, atau sebanyak 29 lu¬bang. Selain itu ada juga yang belum diolah jadi barang jadi yakni ada sekitar 27 batang.

“Pelaku akan dijerat Un¬dang-Undang Nomor 18 ta¬hun 2013, pasal 83 ayat 1 huruf b ini telah diserahkan sepenuhnya ke pihak ke¬po¬lisian,” tegas Zulkifli.

Sekretaris Dishub Pasbar mengatakan, pemakaian mo¬bil truk bertuliskan mobil perintis berwarna biru ban¬tuan pusat ke Pemda Pasbar itu telah ada perjanjiannya tidak bakal digunakan untuk urusan illegal, apalagi dugaan kayu dari hasil pembalakan liar.

“Kalau kepentingan illegal mobnas itu tidak diper¬bo¬lehkan. Tapi kalau membawa kerikil, pasir. Dan lainnya dengan catatan yang menge¬lolanya OMS tadi boleh-boleh saja,” kata Fahren.

Pantauan Padang Eks¬pres Minggu siang, mobil truk plat merah dan barang bukti berupa kayu itu masih dikandangkan di Mapolres Pasbar dekat kantor Satnar¬koba. Kayu yang sudah diolah jadi barang jadi dan lainnya sudah dikeluarkan dari mobil itu. Sebagian kayu itu diletak¬kan di belakang kantor Sat¬nar¬koba dan tempat lainnya. Sedangkan pelaku masih di¬proses hukum oleh pihak polisi. (roy)
[ Red/Administrator ]
http://padangekspres.co.id/?news=berita&id=49175

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: