Hutan di Aceh Rusak Akibat Pembalakan Liar

21/11/2013
PANGDAM IM : Hutan di Aceh Rusak Akibat Pembalakan Liar
ACEH BESAR – Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Pandu Wibowo mengatakan, meningkatnya kerusakan hutan, lahan dan lingkungan yang terjadi akhir-akhir ini di Aceh, dikarenakan adanya pembalakan liar, kebakaran hutan dan berbagai ulah oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Saya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat agar bersatu padu menyelamatkan bumi, khususnya Provinsi Aceh dari ancaman bencana alam yang sulit diprediksi kapan datangnya, sekaligus mensosialisasikan program menabung pohon dan mengajak seluruh warga untuk peduli dan cinta lingkungan hidup,” kata Pangdam IM dalam acara penanaman Batang Pohon Jabon bekerja sama dengan Pertamina Aceh, Kamis (21/11), di Desa Lamkling Kec. Kuta Cot Glie Kab. Aceh Besar.

Kodam Iskandar Mudam kata Pangdam, sangat mendukung program penghijauan di wilayah Provinsi Aceh. Pada penanaman serentak program menabung pohon kerjasama TNI AD dengan Pertamina, Ia menambahkan, Kodam Iskandar Muda akan menanam sebanyak 902.500 batang pohon, yang terbagi di 9 Kodim jajaran Kodam Iskandar Muda. Jumlah tesebut akan terus ditingkatkan dan dilakukan menyebar ke seluruh wilayah di jajaran Kodam Iskandar Muda.

“Ini merupakan kepedulian kita bersama dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan hidup. Program menanam pohon merupakan kegiatan yang penting dalam upaya mengantisipasi perubahan iklim, degradasi hutan dan lahan serta kerusakan lingkungan, di samping perannya sebagai penampung ketersediaan air,” jelas Pangdam.

Sementara itu Marketing Branch Manager Aceh PT. Pertamina (Persero) Aribawa menjelaskan, kegiatan menabung 20 juta pohon secara serentak di seluruh wilayah Indonesia tersebut, merupakan bagian dari gerakan menabung 100 juta pohon, yang menunjukan komitmen tinggi Pertamina terhadap upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup, sekaligus menumbuhkan peluang bernilai ekonomi bagi masyarakat disekitar operasi pertamina dan anak perusahan melalui kegiatan penanaman pohon.

“Pertamina saat ini mencanangkan Gerakan Menabung 100 juta pohon sejak 2012 dan ditargetkan tuntas pada 2015 mendatang. Total pohon tertanam yang telah terverifikasi hingga hari ini mencapai 48 juta pohon (diluar 20 juta pohon kerjasama Pertamina dan TNI-AD) diakhir tahun diperkirakan bisa mencapai 75,3 juta pohon,” ujar Aribawa.

Hadir dalam acara penanaman pohon para Asisten Kasdam IM, para Kabalakdam IM, Dandim 0101/Aceh Besar, Danyonif 112/Raider, Danyon Zipur 16/DA, Danyonkav 11/Serbu, Wakil Bupati Aceh Besar serta para undangan dan masyarakat setempat.(Fauzul Husni)
http://www.acehonline.info/mobile/detail.php?no_berita=5644

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: