Pemko Padang dan PT. Wira Inno Mas: TOLAK! Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit di Kawasan Wisata Bungus, Padang

Pemko Padang dan PT. Wira Inno Mas: TOLAK! Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit di Kawasan Wisata Bungus, Padang
Petition byAim Zein
Padang, Indonesia
Malang benar nasib kawasan wisata bahari dan lingkungan pantai Teluk Bungus serta masyarakat kota Padang jika Pemko Padang memberikan Izin Pendirian Pabrik Pengolahan Minyak Kelapa Sawit di Kawasan Wisata Bungus, Padang. Akan hilanglah sebuah kawasan Wisata Pantai kebanggan Masyarakat Minangkabau sejak dahulu kala.

Tidak tanggung-tanggung, kurang lebih 79 Hektar lahan di Bungus akan dikorbankan untuk Industri ini. Perairan laut Teluk Bungus juga akan direklamasi. Hal ini tercantum dalam Pengumuman Studi Amdal yang dikeluarkan oleh Bapedalda Kota Padang dan PT. Wira Inno Mas yang berasal dari Medan pada tanggal 25 November 2013.
Wajah Teluk Bungus yang elok, indah dan asri akan dirubah menjadi wajah industri. Apa yang ada dibenak Pemko Padang ? dengan seenaknya saja mengorbankan keelokan alam Teluk Bungus dan menepis bahaya pengerusakan lingkungan dan ekosistem yang akan terjadi ? Apa kata anak cucu kita kelak ? Tidak akan ada lagi orang-orang berwisata ke Pantai Bungus, berenang dilaut yang bersih atau berwisata ke pulau Kasiak melihat ikan-ikan dan karang2 yang indah.

Pandangan mata selama ini yang nyaman dengan Teluk Bungus yang indah akan diganti dengan wajah Pabrik. Air laut yang bersih dan jernih sudah pasti sedikit banyak akan tercemar. Belum lagi dampak-dampak kerusakan lainnya.

Bagaimana pula nasib masyarakat dan para pelaku wisata lokal Pribumi yang sudah puluhan tahun berusaha selama ini mempromosikan Pariwisata Sumbar ? Tahukah Pemko Padang bahwa Kawasan Bungus adalah Sentra Pengembangan Wisata Bahari Indonesia bagian barat ? Tahukah Pemko Padang bahwa bukan hanya Pariwisata yang akan hilang, akan tetapi juga Masyarakat Pribumi Nelayan Lokal yang juga akan terancam ? Ada apa dibalik rencana proyek ini ? Berapa pula pitih-pitih yang akan mengalir ke saku pribadi oknum-oknum tertentu ?

Kami selaku masyarakat Bungus bersama-sama dengan masyarakat dan pelaku wisata lainnya yang sudah puluhan tahun ikut membangun dan mempromosikan Pariwisata di Sumatera Barat dengan ini menyatakan MENOLAK pembangunan Industri Pengolahan Minyak Kelapa Sawit di Bungus.

Jika memang diperlukan, carilah ditempat lain yang lebih pantas dan dapat membantu daerah tersebut. Misalnya di Pesisir Selatan atau Pasaman, yang jelas-jelas memilliki banyak lahan Kelapa Sawit. Kenapa harus di Padang ? Kenapa pula harus dikawasan Wisata Bungus ?

Kemana POLA PIKIR, WAWASAN dan PERASAAN para pimpinan kota Padang ? Masalah Siloam saja belum selesai, sekarang sudah akan ada potensi masalah gejolak sosial baru yang akan terjadi. Apakah demi RUPIAH kalian harus mengorbankan semuanya ?
Apa kata anak cucu kita kelak, jika warisan alam yg seharusnya adalah hak mereka , kalian rampas dan rusak sekarang ? GUNAKAN HATI NURANI !

Untuk itu kami, memohon bantuan dukungan Masyarakat Indonesia serta khususnya Dunsanak-Dunsanak kasodonyo nan ado di Ranah Minang dan Dirantau, melalui Foum ini untuk basamo-samo MENOLAK pembangunan Industri Pengolahan Kelapa Sawit di Kawasan Wisata Bungus. Mohon bantuan untuk sharing / menyebarkan Petisi ini dalam Forum Forum Jejaring Sosial yang lain.

Saran dan tanggapan dunsanak kasadonyo, mohon dapat disampaikan langsung (SEBELUM 5 DESEMBER 2013) kepada :

– BAPEDALDA KOTA PADANG
Jl. By Pass km.15 Nagari Palarik Air Pacah Padang

– PT. WIRA INNO MAS
Jl. Spring Tower 03-34
Jl. K.L. Yos Sudarso, Tanjung Mulia
Medan
Tel. 061-661 55 11

Ayo bersama-sama kita Selamatkan Lingkungan, Selamatkan Ekosistem, Selamatkan Masyarakat, Selamatkan Budaya, Selamat Pariwisata didaerah Bungus, Padang , Sumatera Barat sebelum semuanya TERLAMBAT.

Hormat kami,

H. AIM ZEIN S.H.
• Pelaku Pariwisata
• Wakil Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Sumatera Barat
• Ketua Asosiasi Kapal Wisata Selancar Sumatera Barat
• Wakil Ketua PMI Sumatera Barat
• Mantan Ketua PHRI Sumatera Barat
• Ketua Dewan Penasehat RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) Sumbar
• Wakil Ketua PRSSNI (Persatuan Radio Siaran Swasta Niaga Indonesia) Sumbar

To:
TOLAK! Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit di Kawasan Wisata Bungus, Padang
Sincerely,
[Your name]
http://www.change.org/petitions/pemko-padang-dan-pt-wira-inno-mas-tolak-pembangunan-pabrik-kelapa-sawit-di-kawasan-wisata-bungus-padang?share_id=UneZdsXTrD&utm_campaign=friend_inviter_chat&utm_medium=facebook&utm_source=share_petition&utm_term=permissions_dialog_false

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: