Gubernur Aceh Diminta Tak Sahkan Pergub Budidaya di Kawasan KEL

Gubernur Aceh Diminta Tak Sahkan Pergub Budidaya di Kawasan KEL
Monday, 25 November 2013 00:00 | Written by Berita8.com | | |
Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Aceh meminta gubernur untuk tidak menandatangani draft Peraturan Gubernur (Pergub) soal budidaya kelapa sawit di Kawasan Ekosistem Leuser (KEL), yang disodorkan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Aceh.
Dalam rilisnya yang diterima Berita8, Senin (25/11), Walhi menyatakan, Pergub tersebut bertentangan dengan No. 11 tahun 2006, yang secara terang-terangan menyebutkan dilarang mengeluarkan izin konsesi di dalam KEL, sehingga Pergub itu berpeluang untuk dijudicial review ke Mahkamah Agung (MA).
“Sebelum terlambat harus mengingatkan Gubernur Aceh supaya jangan menandatangani usulan draff Pergub yang sedang di rancang oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan. Itu adalah jebakan yang menyesatkan kepada gubernur,” tulis Wali dalam rilisnya.
Walhi Aceh juga mengajak semua kalangan melakukan aksi penyelamatan KEL dengan cara mengingatkan Gubernur Aceh untuk tidak mengikuti saran-saran dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan, karena mereka merupakan perpanjangtangan kepentingan dari Perusahaan-perusahaan kelapa Sawit yang sedang merambah KEL. Berdasarkan informasi yang didapatkan Walhi, ada sekitar lima perusahan perkebunan kelapa sawit yang sedang mengusulkan Izin Usaha Budidaya Perkebunan Kelapa Sawit ke Gubernur Aceh.
Izin Usaha Budidaya Perkebunan Kelapa Sawit merupakan syarat bagi perusahan sawit tersebut untuk mendapatkan Izin Hak Guna Usaha (HGU) di dalam wilayah Kawasan Ekosistem Leuser (KEL). (ans/aef)
Sumber : http://berita8.com/berita/2013/11/gubernur-aceh-diminta-tak-sahkan-pergub-budidaya-di-kawasan-kel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: