Pangdam IM: Jangan Nekat Bekingi Illegal Logging

Ilustrasi | Foto: pakagri.blogspot.com |

Ilustrasi
| Foto: pakagri.blogspot.com |


Jumat, 22 November 2013 09:02 WIB
+ Share

Pangdam IM, Mayjen TNI Pandu Wibowo menanam pohon jabon di Gampong Desa Lamkling, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar, Kamis (21/11), pada acara penanaman serentak program menabung 20 juta pohon kerjasama TNI AD dan PT Pertamina (Persero). SERAMBI/MISRAN ASRI
BANDA ACEH – Pangdam Iskandar Muda (IM), Mayjen TNI Pandu Wibowo SE mengingatkan agar semua pihak jangan nekat mencoba-coba memotong kayu, apalagi membeking pembalakan liar (illegal logging) di hutan Aceh.
“Kami tegaskan bahwa tidak ada lagi yang coba-coba memotong, apalagi membekingi illegal logging, khususnya TNI AD yang ada di Aceh. Kalau masih ada ditemukan, saya tidak segan-segan menindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku,” tegas Mayjen TNI Pandu Wibowo di sela-sela acara menabung 20 juta pohon serentak di seluruh Indonesia hasil kerja sama PT Pertamina (Persero) dengan TNI AD.
Dalam kegiatan yang dipusatkan di Lamkling, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar, itu Pangdam menjelaskan tren meningkatnya pembalakan liar, kerusakan dan kebakaran hutan dan lahan diakibatkan ulah oknum yang tidak bertanggung jawab. “Maka hari ini Kodam Iskandar Muda bersama PT Pertamina, Pemerintah Aceh dan masyarakat, melakukan penanaman pohon sebagai wujud nyata kepedulian dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Mari sama-sama kita jaga hutan Aceh,” ajak jenderal bintang dua ini.
Menurutnya, menanam pohon merupakan kegiatan penting dalam upaya mengantisipasi perubahan iklim, degradasi hutan dan lahan, serta kerusakan hutan, di samping fungsinya sebagai penampung ketersediaan air. “Bila ini dilakukan secara berkesinambungan, maka dalam beberapa tahun ke depan semua tanaman ini akan memberi manfaat begitu besar dalam melindungi dan memelihara kelestarian lingkungan hidup di wilayah Aceh,” kata Pangdam.
Mayjen Pandu Wibowo juga mengajak seluruh komponen agar bersatu menyelamatkan bumi, khususnya di Aceh dari ancaman bencana alam yang sulit diprediksi. “Mari kita peduli dan mencintai bumi ini, sehingga timbul budaya sadar lingkungan pada setiap pribadi kita,” ungkapnya.
Mayjen Pandu menambahkan, Kodam IM sangat mendukung program penghijauan di Aceh. Sebagai wujud dukungan itu, Kodam menanam 902.500 batang pohon pada sembilan kodim di jajaran Kodam IM.
Marketing Branch Manager Aceh PT Pertamina, Aribawa mengatakan, penanaman 20 juta pohon itu merupakan tanggung jawab sosial Pertamina di bidang lingkungan bekerj asama dengan TNI AD. “Penanaman dilakukan di 8.752 lokasi di sekitar wilayah operasi Pertamina dan anak perusahaan, meliputi Aceh Besar, Deli Serdang, Kerinci, Tangerang, Garut, Temanggung, Bojonegoro, Tanjung Selor, Mamuju, Karangasem, Sintang, dan Namlea,” sebutnya.
Menurutnya, menabung 20 juta pohon merupakan bagian dari Gerakan Menabung 100 Juta Pohon yang ditargetkan tuntas 2015. Hal itu menunjukkan komitmen tinggi perusahaannya terhadap upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup sekaligus menumbuhkan peluang bernilai ekonomi untuk masyarakat
“Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan tidak berhenti pada menanam pohon saja, melainkan harus diikuti dengan merawatnya hingga tumbuh dan memberi manfaat bagi masyarakat. Ini merupakan yang pertama di Indonesia dan memecahkan rekor MURI,” pungkas Aribawa. (mir)
Editor: bakri
http://aceh.tribunnews.com/2013/11/22/pangdam-im-jangan-nekat-bekingi-illegal-logging

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: