8 Rumah di Tanjung Sani Rusak Berak Dihantam Longsor

8 Rumah di Tanjung Sani Rusak Berak Dihantam Longsor
padangmedia.com , Rabu, 13 November 2013 08:20 wib
AGAM – Delapan rumah rusak berat pada empat titik di Jorong Sigiran Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Agam akibat diterjang longsor, Selasa (12/11) sekitar pukul 14.30. Sementara, 12 rumah lainnya rusak ringan. Kerugian mencapai Rp100 juta.
Peristiwa tersebut berawal dari hujan yang turun cukup deras sekitar pukul 14.00 WIB. Selang setengah jam kemudian, masyarakat mendengar suara gemuruh yang berasal dari bukit Sigiran.
Wali Jorong Sigiran, Amrizal mengatakan, kejadian tersebut cukup cepat, tidak ada korban jiwa akibat longsor di Sigiran. Namun cukup banyak rumah yang rusak akibat hantaman air bercampur tanah tersebut.

> ” Kejadian terjadi ketika sebagian besar masyarakat sedang istirahat siang. Sebenarnya hujan gerimis sudah turun sejak pukul 12.00 WIB. Namun sekitar pukul 14.00 WIB hujan cukup lebat.
>
> Sebagian besar masyarakat sudah cemas. Ketika hujan turun cukup lebat, banyak masyarakat yang berlidung ketempat yang lebih aman,” kata Amrizal.
>
> Menurutnya, masyarakat Sigirin mamang selalu dilanda kekhawatiran setiap kali turun hujan. Pasalnya, daerah tersebut sangat rawan longsor. Masyarakat yang rumahnya rusak, telah mengungsi ke rumah keluargnya yang lain.
>
> Sementara itu Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam Rinaldi mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Untuk membersihkan jalan dan rumah masyarakat yang masih terendam lumpur BPBD telah mengerahkan satu unit mobil pemadam kebakaran.
>
> Menurut Rinaldi, kerugian pasti masih didata. Tetapi berdasarkan perhitungan kasar kerugian materi dari peristiwa longsor Sigiran Rp80 sampai Rp100 juta. Jumlah tersebut berasal dari perhitungan kerusakan bangunan dan perabotan rumah tangga.
>
> Ia menjelaskan, rumah masyarakat yang mengalami rusak cukup berat adalah milik, Nurmi (65), Sutan Mancayo (35), Rusina (74), Rinaldi (40), Katik Koto Basa (63), Sutan Saga Alam (54), Khudri (48), Sutan Chaniago (42).

> Sementara itu Kepala Bidang Jaminan Bantuan dan Sosial Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinsosnakertran Kabupaten Agam, Jatirman mengatakan, paska kejadian telah didirikan posko untuk membantu masyarakat korban longsor Sigiran.
>
> Menurutnya, Dinsonakertrans juga menyalurkan bantuan logistik kebutuhan masyarakat berupa bahan bahan pokok untuk memasak, seperti minyak, telur, mie instan. Selain itu pemerintah juga memberikan selimut.(wan)
http://padangmedia.com/1-Berita/84968-8-Rumah-di-Tanjung-Sani-Rusak-Berak-Dihantam-Longsor.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: