Batang Antokan Meluap, 60 Rumah Terendam

Batang Antokan Meluap, 60 Rumah Terendam

Padang Ekspres • Berita Peristiwa • Jumat, 08/11/2013 10:41 WIB • Redaksi • 72 klik

Agam, Padek—Hujan lebat bebe­rapa hari terakhir membuat Sungai Batang Antokan meluap. Aki­batnya, sekitar 60 rumah masya­rakat di kawasan PT Mutiara Agam Jorong Gadih Angik Nagari Tiku V Jorong Kecamatan Tanjung­mu­tiara terendam banjir sejak, Rabu malam (6/10) sekitar 23.00 WIB.

Banjir merendam rumah warga yang terletak di sekitar perumahan PT Mutiara Agam di Afdeling IV dan Afdeling VI. Hingga kemarin (7/11) luapan air sungai Batang Antokan yang merendam rumah masyarakat tersebut sudah mulai menyusut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam Bambang Warsito didampingi Kasi Kedaruratan Asri Bujang menga­takan, banjir yang terjadi pada wilayah Tiku Limo Jorong tidak membahayakan. Sejak kemarin malam anggota BPBD Agam sudah disiagakan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.

“Masyarakat tidak mengungsi karena debit air sudah mulai me­nyusut. Genangan air pada pe­mukiman masyarakat tidak terlalu dalam. Oleh sebab itu masyarakat tidak diungsikan dan bertahan di rumah masing-masing. Genangan air yang cukup tinggi terjadi pada akses jalan menuju pemukiman masyarakat sepanjang 3,5 kilo meter, dengan kedalaman air 1 hingga 1,5 meter,” katanya.

Untuk membantu akses ma­sya­rakat BPBD Agam menyiapkan beberapa perahu dan personil pada lokasi. Guna mengantisipasi kem­bali terjadinya banjir, pemerintah sudah mulai melakukan normaliasi pada sungai Batang Antokan.

“ Untuk sementara kita akan terus menempatkan personel de­ngan peralatan lengkap hingga air kembali susut. Saat ini air sudah mulai menyusut. Tetapi kita harus tetap waspada. Pasalnya, sewaktu-waktu air sungai bisa saja kembali meluap karena cuaca yang tidak menentu,” ujarnya.

Berapa kerugian yang dise­bab­kan banjir ini belum diketahui. Karena lokasi ini telah menjadi langganan banjir, masyarakat sudah mengantisipasinya dengan mengamankan barang-barang berharga mereka.

“Kerugian belum bisa ditaksir. Yang jelas tidak ada rumah ma­syarakat yang mengalami kerusa­kan. Kita berharap masyarakat tetap waspada terhadap kemung­kinan banjir susulan mengingat cuaca masih sangat buruk,” harap­nya. (cr3)

[ Red/Administrator ]
http://padangekspres.co.id/?news=berita&id=48303

Ilustrasi | apakabarsidimpuan.com |

Ilustrasi
| apakabarsidimpuan.com |

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: