SOSIALISASI PERDA NO 3 TAHUN 2012 TENTANG KOLABORASI PENGELOLAAN TAMAN HUTAN RAYA WAN ABDURRAHMAN PESAWARAN ..

Pers Rilis.

Ilustrasi | unep.org |

Ilustrasi
| unep.org |

Taman Hutan Raya (TAHURA) Wan Abdurrahman adalah salah satu Hutan yang di lindungi provinsi Lampung. zona-zona yang ada di TAHURA WAR adalah Konservasi, penyangga dan pemanfaatan. Dari zona pemanfaatan saat ini telah di kelola oleh masyarakat, sedangkan TAHURA WAR di kelola oleh Dinas Kehutanan melalui UPTD TAHURA, dengan mekanisme rayon terdiri dari 5 rayon yaitu, Bandarlampung, Padang Cermin,Youth Camp, Gd. Tataan dan Way Lima. Guna untuk menertibkan pemanfaatan TAHURA perlu adanya aturan main yang harus di sepakati antara UPTD dan masyarakat pemanfaat. Maka Lahirlah Perda no 3 tahun 2012 yang di inisiasi oleh konsorsium LSM terdiri dari Walhi Lampung, Kawan Tani,
DRL,LBH bandar lampung, Watala dan akademisi yang ada dilampung. Sejak disahkanya perda tersebut sampai saat ini implementasi belum dilakukan oleh pihak pengelolaan UPTD. Melihat kondisi tersebut maka konsorsium LSM melakukan dengar pendapat ke DPRD provinsi Lampung komisi II dengan menghadirkan pihak dinas Kehutanan dan UPTD menghasilkan dan mendesak dinas kehutanan untuk menjalankan perda tersebut, dengar pendapat ini dilakukan pada tgl 1 Oktober 2013. Sebelum perda ini di berlakukan maka terlebih dahulu pemahaman perda kepada masyarakat, untuk itu konsorsium menginisiasi melakukan sosialisasi di 5 rayon dengan menghadiri DPRD provinsi Palgunadi Komisi II dan Watoni Nurdin Komisi I di gedung Tataan dan Way Lima pada tgl 4 Nov 2013, sebelumnya sosialisasi di 3 rayon yaitu Bandarlampung, Padang Cermin dan Youth Camp pada tanggal 1-3 Nov 2013 pihak DPRD provinsi hanya komisi II Palgunadi. Dari setiap pertemuan sosialisasi menghasilkan harapan yaitu :
1).Masyarakat tidak boleh pindah tangan lahan kelola (jual beli) kepada pihak lain,
2).Masyarakat tidak boleh menambah lahan garapan baru,
3).masyarakat dapat memahami isi dari perda tersebut.
Kegiatan sosialisasi perda ini di inisiasi oleh konsorsium LSM terdiri dari Walhi Lampung, Kawan Tani, DRL, Sertani. Mungkin itu sharring kegiatan simpul kampanye dan safeguard lampung.
Salam.
Bejoe Dewangga.
Hutan Terjaga,Air Tersedia. Pulihkan Lampung, Pulihkan Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: