Walhi Pupuk Kesadaran Politik Masyarakat

Senin, 28 Okt 2013 08:54 WIB – http://mdn.biz.id/n/58823/
1378549083walhi
MedanBisnis – Medan. Krisis lingkungan hidup semakin memprihatinkan yang antara lain disebabkan politisi yang sering menyalahgunakan kewenangan penguasaan sumber daya alam. Karena itu, Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) akan mengagendekan program penyadaran politik masyarakat.
“Ada beberapa agenda Walhi yang akan dijalankan menuju Pemilu 2014, antara lain, memupuk kesadaran politik lingkungan rakyat, melakukan interaksi bila perlu kontrak politik mengenai agenda perlindungan lingkungan pada partai politik dan kandidat yang akan maju di 2014,” kata Direktur Eksekutif Nasional Walhi Abet Nego Tarigan pada acara Konsultasi Daerah Lingkungan Hidup (KDLH) Walhi Sumatera Utara di Mess Pemkab Pakpak Bharat, Medan, Minggu (27/10).

Agenda lainnya, kata dia, termasuk memutus rantai relasi antara aktor penguasa politik dan penguasa SDA dengan kampanye dan pendidikan kepada pemilih tentang siapa yang layak dipilih. Selanjutnya, membangun institusional gerakan lingkungan rakyat dan beberapa program lain.

Sementara itu, Direktur Eskekutif Daerah Walhi Sumut Kusnadi, mengatakan, saat ini hampir semua parpol yang ada di DPR menyetujui pengesahan Undang-undang yang tidak berpihak kepada pelestarian lingkungan. Bahkan undang-undang yang mereka sahkan sebenarnya akan mempercepat kehancuran sumber daya alam Indonesia.

Karena itu, katanya, Walhi kini berjuang untuk menggagas pemerintah yang bersih dari perusak lingkungan pada Pemilu 2014. “Walhi mengajak masyarakat untuk tidak golput, karena golput hanya akan memberi ruang dan kebebasan untuk anggota DPR sekarang duduk kembali di pemerintahan dan parlemen, dimana kita tahu bahwa hampir 90% calon legislatif yang lalu masih maju kembali pada Pemilu 2014,” katanya.

Senada dengan dengan hal di atas, Ketua Badan Pengurus ELSAKA Effendi Panjaitan berpendapat, kerusakan lingkungan yang terjadi karena regulasi yang dikeluarkan pemerintah amburadul dan berpihak kepada kapitalisme. Karena itu, kata Effendi, aktivis dan penggiat lingkungan harus berani bertarung dan duduk di parlemen agar dapat memengaruhi kepemimpinan dan pemerintahan ke depan. ( dewantoro)

http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2013/10/28/58823/walhi_pupuk_kesadaran_politik_masyarakat/#.UnIIZlPf0ug

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: