Walhi: Inalum Positif Cemari Lingkungan

inakium
liputanBISNIS (MEDAN) – Wahana Lingkungan Hidup (Walhi), selaku organisasi masyarakat sipil yang konsern dengan persoalan lingkungan berharap pemerintah Indonesia terlebih dahulu melakukan audit lingkungan terhadap PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) sebelum sepenuhnya diambil alih oleh pemerintah Indonesia.
Menurut Direktur Eksekutif Walhi Sumut, Kusnadi mengatajan jika hasil audit lingkungan menyatakan PT Inalum positif telah mencemari lingkungan maka pemerintah dapat mengajukan keberatan melalui gugatan hukum dengan tuntutan recovery lingkungan setempat dan beberapa mekanisme kompensasi lain.
Sebagaimana diketahui, kata Kusnadi saat ini Pemerintah Indonesia sedang melakukan upaya akuisisi dan selanjutnya akan mengelola perusahaan tersebut menjadi milik Badan Umum Milik Negara (BUMN). Namun, kata Kusnadi saat proses akuisisi harusnya pengoperasian PT Inalum dihentikan untuk sementara dan pemerintah melalui lembaga independen nasional dan internasional harus melakukan audit lingkungan.
“Jika hasil audit lingkungan negatif maka pemerintah segera melakukan revitalisasi berbagai instalasi operasi produksi dan penanganan limbah guna memastikan bahwa proses produksi tersebut betul-betul tidak mencemari lingkungan. Jika ini dilakukan maka operasional PT Inalum paska akuisisi akan lebih baik dan dapat meningkatkan kepercayaan publik nasional dan internasional,” kata Kusnadi.
Selain itu, kata Kusnadi Walhi juga mendukung pengambilalihan perusahaan kerja sama Indonesia-Jepang tersebut, dikelola sepenuhnya oleh pemerintah RI. Apalagi, kata dia keberadaan Inalum sangat diharapkan menjadi salah satu solusi mengatasi krisis energi listrik di Sumut dapat diatasi.
“Kalau ada anggapan bahwa penutupan sementara atas PT. Inalum akan menambah pengangguran itu salah total. Mereka adalah tenaga profesional, tentunya dapat difasilitasi oleh pemerintah untuk disalurkan ke industri strategis di Indonesia,” katanya.[w1]
http://liputanbisnis.com/2013/10/19/walhi-inalum-positif-cemari-lingkungan/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: