Walhi Dukung Pengembalian Kalpataru Sebagai Protes kepada Presiden SBY

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN – Aksi pengembalian berbagai penghargaan lingkungan, dilakukan para pejuang lingkungan Sumatera Utara.

Mereka ialah Marandus Sirait, peraih Kalpataru 2005); Hasoloan Manik, peraih Kalpataru 2010; dan, Wilmar Eliaser Simanjorang, peraih Danau Toba Award.

Pengembalian penghargaan ke gubernur Sumatera Utara, telah dilakukan pada awal Agustus 2013 lalu. Selanjutnya, Selasa (3/9/2013), para pejuang lingkungan tersebut akan mengembalikan penghargaan itu ke kementerian dan presiden.

Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sumatera Utara, mendukung aksi tersebut. Menurut Direktur Eksekutif Walhi Sumut Kusnadi, pemerintah harus memaknai aksi tersebut sebagai bentuk dukungan, konsen dan konsensus serius mereka terhadap upaya penyelamatan lingkungan, bukan sebaliknya.

“Pemerintah harus mendukung aksi mereka karena upaya yang mereka lakukan sangat tulus, semata demi penyelamatan lingkungan. Aksi mereka seperti gerakan kultural,” katanya, Selasa.

Bentuk dukungan pemerintah dalam jangka pendek adalah, segera menghentikan berbagai bentuk perusakan terhadap hutan di sekitar kabupaten yang mengelilingi Danau Toba.

Misalnya di Tobasa, Samosir, Dairi, Simalungun, Karo, Taput, dan Humbanghasudutan. Salah satunya, dengan mengevaluasi berbagai bentuk perizinan pemanfaatan hutan (timber dan nontimber).

“Apalagi, pascakeputusan MK No 35 tentang hutan adat, presiden seharusnya segera mengeluarkan inpres yang berisi tentang penghentian sementara kepada seluruh aktivitas korporasi yang bermasalah dengan persoalan status hutan adat,” tegas Kusnadi.

Terkait   #Sumatera Utara   #walhi

http://www.tribunnews.com/regional/2013/09/03/walhi-dukung-pengembalian-kalpataru-sebagai-protes-kepada-presiden-sby

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: