Mengikuti Jejak Anak Medan Telusur Kearifan Lokal Indonesia, Sudah Sampai di Aceh

Wednesday, September 25th, 2013 | Posted by Admin Publisher

Mengikuti Jejak Anak Medan Telusur Kearifan Lokal Indonesia, Sudah Sampai di Aceh

 

Eri dan Edo sudah tiba di Aceh. Orbit/Dokumentasi Telusur Alam

 

MENCOBA menaklukkan lintasan alam Indonesia, 2 Personil Pengurus Komunitas Telusur Alam, Suheri (Eri) dan Sardo Situmorang (Edo) dengan penuh semangat mereka memulai perjalanan ke wilayah barat Indonesia, Aceh.

Perjalanan secara resmi dimulai di titik Nol Kota Medan pada Minggu (22/8) pukul 11.00 WIB oleh seluruh anggota Komunitas Telusur Alam (seperti berita Orbit Digital Edisi Minggu 22 Sepetmber 2013). Kegiatan yang bertajuk Anak Medan Telusuri Indonesia ini juga dihadiri dan dimotivasi Kusnadi, Direktur Walhi Sumut, dan Jakob Ketua Gemapala FIB Sumut.

Perjalanan menggunakan sepedamotor ini rencananya akan melintasi seluruh provinsi di Indonesia. Mereka akan mengunjungi beberapa wisata alam yang ada di setiap daerah yang mereka lintasi.

Di samping itu, di setiap daerah yang dikunjungi nantinya akan menghasilkan sebuah cacatan singkat mulai dari kondisi alam, keadaan masyarakat, adat dan budaya setempat dan sebagainya yang mungkin mereka temui selama dalam perjalanan.

Setelah singgah di Kecamatan Tijue, Kabupaten Pidie dan sempat mengunjungi situs sejarah Guwa Tujoh, 2 Pemuda pecinta alam ini tiba di Kota Banda Aceh.

Hanya berbekal materi seadanya yang dibalut dengan niat dan tekad, mereka menginjakkan kakinya di Lapangan Blang Padang pada pukul 19.50 WIB yang disambut oleh Apiz, seorang kerabat yang saat ini sedang beraktivitas di Kota Banda Aceh.

Secara kebetulan, mereka tiba di Kota Banda Aceh saat Pagelaran Pekan Kebudayaan Aceh ke-6 sedang berlangsung. Tak ingin menyiakan-nyiakan waktu dan kesempatan, kedua pemuda ini langsung menuju ke arena PKA-6 di Taman Ratu Safiatuddin bersama sang rekan.

Di arena PKA ini mereka melihat langsung produk-produk seni dan budaya dari 23 Kabupaten yang ada di Aceh. Beberapa wawancara kecil pun terjadi dengan perwakilan daerah di beberapa anjungan.

Selepas larut malam, mereka beranjak menuju Mesjid Raya Baiturrahman dan kemudian istirahat di area kuliner Rex Penayong. Tepat pukul 02.00 WIB, kelelahan menuntut mereka untuk beristirahat.

Sang kerabat pun membawa mereka ke sebuah tempat sederhana dengan fasilitas seadanya di Jln Iskandar Muda, Blang Oi, tak jauh dari Pelabuhan Penyeberangan Ulee Lheue-Sabang.

Untuk selanjutnya, Rabu pagi (25/9) mereka akan menjumpai seorang kenalan dari sebuah lembaga yang konsen di bidang lingkungan. Setelah itu perjalanan lintas alam ini akan dilanjutkan ke area wisata Pantai Pasir Putih, Lampuuk.

 

Editor|M Asril

http://www.harianorbit.com/mengikuti-jejak-anak-medan-telusur-kearifan-lokal-indonesia-sudah-sampai-di-aceh/

One Response to Mengikuti Jejak Anak Medan Telusur Kearifan Lokal Indonesia, Sudah Sampai di Aceh

  1. SYAFRIWEL mengatakan:

    anak medan putus sekolah mau sukses pasti tercapai klik aj link ini
    http://syafriwel.wordpress.com/2013/10/23/pkbm-al-manar/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: