Jalan Menuju Lokasi Tambang Emas Diblokade Ratusan Warga

NASIONAL

Jalan Menuju Lokasi Tambang Emas Diblokade Ratusan Warga

Laporan: Syamsul Bahri

Selasa, 24 September 2013 | 09:50 WIB

 

Ilustrasi — ANTARA/Maril Gafur

TERKAIT

 

Metrotvnews.com, Sarolangun: Ratusan warga dari sembilan desa di Kabupaten Sarolangun, Jambi, memblokade jalan dan jembatan menuju lokasi tambang emas ilegal yang akan dirazia oleh tim gabungan dari Polda Jambi, Selasa (24/9).

Jalan dan jembatan Batang Rebah yang diblokade tersebut berada di Desa Temenggung, Kecamatan Limun. Sedangkan warga sembilan desa yang memblokade jalan berasal dari Kecamatan Limun, Cermin dan Gedang.

Pemblokadean jalan sebagai upaya menghadang aparat dilakukan dengan cara menempatkan sejumlah kayu di tengah jembatan. Mereka juga menduduki jalur tersebut agar jembatan dan jalan menuju sembilan desa di tiga kecamatan tersebut tidak dapat dilalui.

Warga meminta aparat yang yang hendak merazia penambangan emas tanpa izin yang biasa sebut dengan kegiatan dompeng tidak gegabah menghentikan aktivitas penambangan, karena penambangan merupakan satu-satunya mata pencaharian warga.

Salah seorang warga yang ikut memblokade jalan tersebut, Saipul, mempertanyakan solusi yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Sorolangun untuk warga jika aktivitas tambang ilegal itu dirazia.

Apalagi, ujarnya, saat menjelang pemilihan umum kepala daerah (pemilu kada), Wakil Bupati Sarolangun Fahrul menyatakan tidak akan ada razia tambang emas. Oleh karena itu, kata Saipul, jika tetap dirazia, warga akan melakukan perlawanan.

Akibat pemblokadean jalan, arus lalu lintas dari ibu kota Sarolangun menuju tiga kecamatan lumpuh. Hingga berita ini diturunkan belum terlihat ada petugas di lokasi blokade.


Editor: Patna Budi Utami

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/09/24/6/183621/Jalan-Menuju-Lokasi-Tambang-Emas-Diblokade-Ratusan-Warga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: