WALHI Sumut Dan 25 Ormas Tolak RUU Ormas

Walhi

Walhi

Matatelinga – WALHI Sumut beserta 25 Ormas lainnya menolak tegas pengesahan rancangan undang-undang organisasi masyarakat (RUU Ormas). Penolakan itu dengan alasan, dikhawatirkan Indonesia akan kembali mengalami sikap kemuduran representatif dari demokrasi.

Hal itu disampaikan oleh Ketua WALHI Sumut, Kusnadi kepada MataTelinga.Com, Rabu (03/07/2013) malam.

“Ini adalah gambaran paranoid pemerintah terhadap kemerdekaan dan kebebasan demokrasi di Indonesia,” ujarnya.

Karena itu kata Kusnadi, sangat perlu menyikapi penolakan disyahkannya RUU tersebut mengingat imbas yang akan ditanggung oleh hampir semua organisasi, hingga termasuk perkumpulan hobby dan perwiritan masyarakat yang menjadi konstituen yang akan diatur oleh undang-undang itu jika disyahkan.

Menurutnya, penjelasan RUU Ormas yang disahkan oleh Pansus RUU Ormas di DPR RI pada 2 Juli 2013 kemarin masih sangat umum dan mengikat semua bidang kemasyarakatan tetapi, dalam RUU itu yang menjadi kecurigaan WALHI Sumut yakni, pemerintah malah mengecualikan organisasi sayap partai politik.

“Ini bisa menjadi legitimasi dan ini menunjukkan pemerintahan yang sangat buruk, karena itu kita meminta kepada pemerinah agar mengembalikan panglima utama dalam UU,” tegas Kusnadi.

Dikatakannya lagi, WALHI Sumut sempat melakukan aksi, Senin (1/7/2013) didepan gedung DPRD Sumut dengan maksud meminta kepada anggota dewan agar mendukung sikap penolakan tersebut karena sikap itu bukan hanya dilakukan oleh ormas- ormas yang ada di Sumut melainkan diberbagai provinsi lainnya.

“Jadi, dalam aksi yang dilakukan kemarin, kita meminta kepada DPRD Sumut agar mendukung sikap penolakan ini,” harapnya.

Adapun, Aliansi menolak RUU Ormas di Sumut yakni, BITRA Indonesia, Pesada, SBMI Sumut, SBMI Mandiri, Sahdar, LBH Medan, Gemma, Pusaka Indonesia, SPN, Fitra Sumut, SBSU, GSBI, FMN, bakumsu, Ikohi, Elsaka, PKPA, Hapsari, SBBI, Tembak, Serbila, ARSUB, Walhi, Teplok, AGRA.

 

Sumber: matatelinga.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: