Mahasiswa dan LSM Desak Pertemuan APEC Dibubarkan

Mahasiswa dan LSM Desak Pertemuan APEC Dibubarkan | Foto: harianandalas.com |

Mahasiswa dan LSM Desak Pertemuan APEC Dibubarkan
| Foto: harianandalas.com |

Medan – Puluhan mahasiswa dan aktivis LSM melakukan aksi demonstrasi menuntut pembubaran pertemuan APEC yang tengah berlangsung di Medan, Jumat (5/7) sore.

Massa pendemo yang menamakan dirinya Indonesian People Alliance (IPA) Sumut itu mendatangi tempat pertemuan para delegasi APEC.

Mereka memulai aksinya di depan Hotel Grand Aston City Hall, Jalan Balai Kota Medan yang merupakan salah satu tempat pelaksanaan rangkaian pertemuan The Third Senior Officials’ Meeting (SOM III) Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) 2013.

Setelah berorasi sebentar, massa kemudian melanjutkan aksi menuju lokasi pertemuan APEC lainnya di Hotel Santika Premiere Dyandra dan Hotel Arya Duta yang berada di Jalan Kapten Maulana Lubis.

Aksi demo ini sempat membuat jalanan macet, terlebih berlangsung saat jam pulang kerja. Tercatat ada 35 elemen organisasi yang tergabung dalam IPA, diantaranya, GSBI Sumut, SBSI 01, KPO-PRP, KBI, SPI Sumut, Agra Sumut, KT AEAB, KT Masyarakat Selambo, KT Sehati, KSJP, HPPKLN, PPR, PPI, LMI, Bitra, KSPPM, Fomadas, Barsdem, Famud, SMI Cabang Medan, Komunal Rakyat, Gema Prodem, FMN Medan, KDAS, Pema USU, DKR Sumut, Pusaka, Walhi, Kotib, Kontras Sumut, LBH Medan, SPKS Sumut, Bakumsu, Teplok, dan PKPA.

Dalam orasinya mereka mendesak pertemuan APEC dibubarkan karena mereka menilai rekomendasi yang dihasilkan pertemuan itu, tidak akan memberi manfaat bagi rakyat, kecuali hanya untuk kepentingan negara-negara kapitas dan imperialime seperti Amerika Serikat.

“Hapuskan liberalisasi perdagangan di Indonesia,” teriak massa yang dipimpin koordinator aksi Boy Manurung itu.

Aksi yang mendapat pengawalan ketat ratusan aparat kepolisian ini tidak sampai mengganggu rangkaian pertemuan APEC yang tengah berlangsung di ketiga hotel tersebut.

Sumber: harianandalas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: