Mahasiswa dan Aktivis LSM Demo Pertemuan APEC di Medan

Mahasiswa dan Aktivis LSM Demo Pertemuan APEC di Medan | Foto: Detik.com |

Mahasiswa dan Aktivis LSM Demo Pertemuan APEC di Medan
| Foto: Detik.com |

Medan – Puluhan mahasiswa dan masyarakat sipil berdemo menuntut pembubaran pertemuan APEC yang tengah berlangsung di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Mereka mendatangi tempat pertemuan para delegasi untuk menegaskan tuntutannya.

Massa yang berdemo itu menamakan dirinya Indonesian People Alliance (IPA) Sumut. Mereka mengaku dari berbagai organisasi, antara lain Pusaka, Walhi Sumut dan Kontras Sumut.

Mereka memulai aksinya, Jumat (5/7/2013) sore di depan Hotel Grand Aston City Hall di Jalan Balai Kota, Medan. Hotel ini merupakan salah satu tempat pelaksanaan rangkaian pertemuan The Third Senior Officials’ Meeting (SOM III) Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) 2013.

Setelah berorasi sebentar, massa kemudian melanjutkan aksi menuju lokasi pertemuan APEC lainnya di Hotel Santika Premiere Dyandra dan Hotel Arya Duta yang berada di Jalan Kapten Maulana Lubis.

Di sini mereka kembali menggelar orasi mendesak dibubarkannya APEC. Massa menilai, ada kepentingan pihak asing dalam pertemuan ini. Rekomendasi yang dihasilkan pertemuan itu, tidak akan memberi manfaat bagi rakyat, melainkan untuk kepentingan negara kapitas dan imperialime seperti Amerika Serikat.

“Hapuskan liberalisasi perdagangan di Indonesia,” teriak massa yang dipimpin koordinator aksi Ranto Sibarani.

Aksi ini tidak sampai mengganggu rangkaian pertemuan APEC yang tengah berlangsung di ketiga hotel tersebut. Hanya kemacetan panjang yang terjadi di kawasan sekitar demo seperti Jalan Pengadilan, Jalan Ahmad Yani dan Diponegoro. Sementara sekitar 100 polisi terlihat berjaga-jaga di lokasi.

Sumber: Detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: