Atasi Abrasi, Pessel Tanam Cemara Laut

Ilustrasi | pnpnews.polinpdg.ac.id |

Ilustrasi
| pnpnews.polinpdg.ac.id |

Painan – Untuk menangani abrasi pantai di Pesisir Selatan, Dinas Kehutanan, Energi dan Sumberdaya Mineral (KESDM) Pesisir Selatan menanam cemara laut di 2 lokasi kawasan pantai yaitu Air Huba Kecamatan Pancung Soal dan Kawasan Pantai Linggo Sari Baganti, sebanyak 4.000 batang.

Kadis KESDM Pessel, Maswar Dedi mengungkapkan, kawasan Airpura akan ditanam 1.500 batang dan Pungasan Linggo Sari Baganti 2.500 batang. “Kawasan ini dijadikan untuk lokasi penanaman karena daerah itu abrasi pantainya sudah semakin parah, karena itu perlu adanya penanganan segera,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pengadaan cemara pantai ini mengunakan dana APBD dengan alokasinya sebesar Rp 145 juta. Kegiatan ini sudah memasuki tahun ke 2, dimana sebelumnya juga telah dilakukan penanaman cemara laut di beberapa lokasi lainnya.

“Saat ini kita sedang melakukan sosialisasi tentang program tersebut kepada masyarakat setempat agar mereka bisa mengerti,” katanya.

Dijelaskannya, penanaman cemara laut ini bertujuan untuk mengatasi abrasi pantai, melindungi rumah dari tiupan angin dan sebagai objek wisata. Dia berharap, masyarakat dapat memelihara tanaman ini nantinya sehingga bisa melindungi pantai. Apalagi Pessel memiliki pantai panjang yang sangat panjang yaitu sepanjang 254 km.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: