Pembalak Liar Merajalela

Ilustrasi | Foto: tokokubangunan.blogspot.com |

Ilustrasi
| Foto: tokokubangunan.blogspot.com |

4 Kubik Kayu Diamankan, Dishut Minta Tambah Polhut

Pasbar – Tim terpadu Dinas Kehutanan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), mengamankan empat kubik kayu tidak bertuan yang diduga hasil illegal logging di Jorong Pinaga, Kenagarian Lingkuangaua, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasbar, kemarin (11/6). Kini kayu jenis ekspor itu diamankan di kantor dinas setempat, guna proses lebih lanjut.

Kepala Dinas Kehutanan Pasbar, Nofdinal Yefri mengatakan, pihaknya mengamankan kayu itu bersama pihak kepolisian dan TNI di tepi jalan dan siap untuk diangkut. “Kayu berjenis campuran dengan kualitas ekspor itu didominasi kayu jenis marilam,” kata Nofdinal Yefri didampingi Kepala Bidang Pengawasan Hutan, Zulkifli, kemarin.

Menurutnya kayu yang bermacammacam ukuran itu sudah diolah berupa potongan balok. Namun pihaknya tidak berhasil mengamankan pemilik kayu.

Dia mengatakan, pihaknya akan mengejar pemilik kayu. Masyarakat diharapkan dapat memberikan informasi terkait kepemilikan kayu dan adanya praktik illegal logging.

Kepala Bidang Pengawasan Hutan, Zulkifli menambahkan, praktik illegal logging di Pasaman Barat cukup tinggi. Buktinya selama tahun 2013 ini saja sudah 20 kubik kayu yang berhasil diamankan oleh tim terpadu. “Jika digabungkan dengan akhir tahun 2012 sudah sekitar 50 kubik kayu diamankan dengan tujuh orang pelaku,” kata Zulkifli.

Dia mengharapkan, Polisi Kehutanan (Polhut) bisa ditambah. Karena saat ini daerahnya hanya memiliki 4 Polhut untuk mengawasi 11 kecamatan. Paling tidak Pasaman Barat butuh satu pleton atau 30 orang Polhut untuk mengawasi kawasan hutan di Pasbar.

Sumber: Padang Ekspres

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: