Laporkan Pembeking Tambang ke Kompolnas

Ilustrasi | Foto: padangekspres.co.id |

Ilustrasi
| Foto: padangekspres.co.id |

Padang – Komisi Polisi Nasional (Kompolnas) RI mengaku tidak pernah menerima laporan terkait “leletnya” kasus illegal mining di Solok Selatan. Kalau masyarakat menilai pengusutannya tidak transparan, Kompolnas siap mengklarifikasi kepada kepolisian.

Demikian disampaikan Komisioner Kompolnas, Hamidah Abdurrachman usai pertemuan dengan pejabat Polda Sumbar, LSM, tokoh masyarakat, tokoh agama, akademisi dan wartawan di Polda Sumbar, Rabu (12/6).

Hamidah mengatakan, jika masyarakat memberikan data awal terkait siapa saja yang diduga terlibat dalam kasus tersebut, maka Kompolnas akan mendesak polisi maksimal mengusutnya.

Hamidah menjanjikan bahwa Kompolnas akan memantau kinerja Polda Sumbar dalam penanganan kasus illegal mining Solsel dan kawasan lainnya di Sumbar. “Hal itu tidak lepas dari peran masyarakat dalam memberikan informasi terkait kinerja Polri yang tidak pada tempatnya,” ujarnya.

Kata Hamidah, Kompolnas punya hak meminta penyidik melakukan gelar perkara ulang setiap kasus yang dilaporkan masyarakat. “Kami menunggu laporan masyarakat terkait kinerja Polri dalam pemberantasan illegal mining ini, namun sampai sekarang belum ada yang melapor,” ujarnya.

Dia mengimbau masyarakat yang punya data agar dikirim ke Kompolnas untuk ditindaklanjuti. Untuk kasus illegal mining, dalam waktu dekat Kompolnas akan meminta data daftar pencarian orang (DPO) kasus tambang liar ke Polda Sumbar.

Dalam menindaklanjuti kasus tambang emas ilegal tersebut, Polda Sumbar harus bersikap profesional. “Siapa pun dan apa pun jabatannya, kepolisian jangan tebang pilih,” katanya.

Sumber: Padang Ekspres

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: