Kapolres Tangkap Kayu Ilegal

Kapolres Tangkap Kayu Ilegal | Foto: Padang Ekspres |

Kapolres Tangkap Kayu Ilegal
| Foto: Padang Ekspres |

Razia Tengah Malam, Dua Truk Diamankan

Solsel – Dua hari menjabat sebagai Kapolres Solok Selatan, AKBP Nanang Putu Wardianto langsung melakukan gebrakan. Kamis malam (13/6), tim yang dipimpinnya menangkap 11,5 kubik kayu hasil illegal logging di Jalan Raya Bidar Alam, Jorong Batikam, Sangir Jujuan.

Kayu yang saat ini sudah diamankan di Mapolres Solsel itu, berukuran 25×30 cm dan 6×12 cm, jenis burnio, marantih serta jenis lainnya. Kayu tersebut diangkut menggunakan truk Colt Diesel BA 8258 BA dan truk Hino Dutro warna hijau BA 9271 EF.

Sopirnya berinisial A, 54, warga Sampu dan N, 32, warga Padangalai. Kapolres menjelaskan, penangkapan pertama dilakukan di Bidar alam sekitar pukul 22.30. Saat itu, truk Colt Diesel bermuatan 5 kubik kayu melaju pelan dari arah Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari.

Bersamaan dengan itu, warga menginformasikan ada truk lainnya yang membawa kayu yang diduga hasil illegal logging. Tim patroli kemudian mengejar truk Hino bermuatan 6,5 kubik kayu jenis burnio, dan berhasil ditangkap di Padang Air Dingin Kecamatan Sangirjujuan.

“Barang bukti berupa 11,5 kubik kayu, dua unit truk dan dua sopir kini diamankan di Mapolres Solsel,” ujarnya kepada Padang Ekspres, kemarin (14/6).

Menurut Nanang, dari pengakuan sopir truk, kayu tersebut akan dipasok ke Solok Selatan. Anehnya,dia berdalih tidak tahu siapa pemilik kayu ilegal itu.

Kapolres berjanji akan mengusut tuntas kasus illegal logging di daerah “seribu sungai” itu. Tidak hanya perambah dan pengangkut, namun juga pemilik modal.

“Sesuai BB, kita akan kembangkan kasus ini untuk mencari siapa bos kayu liar di daerah ini. Hukum harus ditegakkan seadil-adilnya,” tegasnya kepada wartawan.

Kapolres berjanji akan melakukan patroli rutin ke hutan lindung dan hutan konservasi, untuk mengamankan aksi para pelaku illegal logging. “Pokoknya kita libas siapa pun me­reka,” tekad Nanang Putu Wardianto.

Sumber: Padang Ekspres

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: