Walhi Desak Bapedalda Turunkan Tim

Walhi

Walhi

Padang – Menyikapi keresahan masyarakat Kenagarian Inderapura Barat, Kabupaten Pesisir Selatan terkait rusaknya ekosistem Batang Tapan, Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sumbar akan melakukan koordinasi dengan Bapedalda Pesisir Selatan.

Walhi Sumbar meminta Bapedalda menurunkan tim untuk melakukan uji kelayakan air. Di sisi lain, petani lokan Jorong Tanjuang Batang Tapan masih menunggu kedatangan DPRD Sumbar seperti yang dijanjikan sebelumnya.

Koordinator Advokasi dan Kampanye Walhi Sumbar, Erik mengatakan, koordinasi antara Walhi dengan Bapedalda Pessel akan dilakukan minggu ini. “Kita akan mengirimkan surat kepada Bapedalda untuk mengkoordinasikan masalah ini. Kita minta Bapedalda menurunkan tim ke lapangan untuk melakukan uji kualitas air,” ujarnya kemarin (26/5).

Sebelumnya, Walhi Sumbar telah menurunkan tim investigasi ke lapangan, tepatnya Batang Muaro Sakai dan Sungai Air Uba. Tim mengambil sampel air untuk diuji di laboratorium. Dari hasil uji sampel yang mereka lakukan dibantu oleh labor Bapedalda Padang menunjukkan baku mutu air di atas batas ambang. Terutama dari parameter amoniak, BOD, COD, minyak lemak dan nitrat (NO3).

“Standarnya, jika golongan satu dapat digunakan untuk minum. Golongan dua dapat difungsikan untuk MCK. Realita sekarang, Tanjung Batang Tapan tidak dapat difungsikan lagi. Untuk mengetahui penyebab pencemaran, harus dilakukan investigasi dan pengujian,” jelas Direktur Eksekutif Walhi Sumbar, Khalid Saifullah.

Perwakilan pemuda (ralat; bukan ninik mamak seperti diberitakan sebelumnya) Heri Amperawanto menuturkan, hingga malam kemarin, masyarakat Jorong Tanjuang Batang Tapan, Kenagarian Inderapura Barat, Kecamatan Pancungsoal, Pesisir Selatan masih menunggu kedatangan DPRD provinsi seperti yang dijanjikan.

“Kami dari pemuda hanya ingin titik terang dari persoalan ini cepat ditemukan. Beberapa hari ini kita sudah bahas bagaimana kelanjutannya. Namun, untuk sementara waktu kami masih menunggu kedatangan DPRD Sumbar yang berencana untuk datang,” harap Heri Amperawanto.

Sumber: Padang Ekspres

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: