Puluhan Kapal Penambang Emas Ilegal Masih Berjejer di Aliran Batang Hari

Kapal-kapal penambang emas di sepanjang aliran Sungai Batanghari | Foto: Padangmedia.com |

Kapal-kapal penambang emas di sepanjang aliran Sungai Batanghari
| Foto: Padangmedia.com |

DHARMASRAYA – Kapolda Sumbar, Brigjend Pol Noer Ali telah menyatakan komitmennya untuk menghabiskan illegal mining di Ranah Minang. Namun, di sepanjang aliran Sungai Batanghari terlihat masih tampak kapal-kapal pengeruk emas berjejer.

Menurut pantauan di lapangan, puluhan kapal penambang emas di sepanjang aliran Sungai Batanghari, Kabupaten Dharmasraya diduga masih beroperasi dan tampak berjejer.

Kegiatan penambangan illegal dengan kapal-kapal tersebut tampak di sepanjang aliran Sungai Batanghari di Pulau Punjung, Siguntur Sitiung. Operasi yang dilakukan oleh jajaran Polres Dharmasraya tidak membuat kecut para penambang. Begitu ada operasi ia menghilang dan saat operasi hilang, ia muncul lagi.

Menurut informasi yang didapat dari warga sekitar, kalau siang kapal-kapal tersebut memang tidak ada aktifitas. Namun kalau sudah malam, kegiatan penambangan baru dilakukan oleh para penambang.

Padahal, penambangan liar angat merugikan masyarakat banyak, sedangkan yang mengeruk keuntungan hanya sebahagian kecil warga saja.

Kapolres Dharmasraya, AKBP.Khairul Azis yang dikonfirmasi menyebutkan, operasi sudah dilakukan. Namun, sepertinya pihaknya masih kucing-kucingan dengan para penambang. Padahal, ia sudah memberikan surat teguran keras kepada para penambang.

“Dalam waktu dekat, apabila para penambang tidak menghentikan juga aktifitasnya, maka tindakan tegas akan dilakukan. Namun, perlu dukungan dari semua pihak untuk menghabiskan ilegalmining tersebut,” katanya.

“Saya juga tidak main-main. Kalau tidak berhenti juga melakukan penambangan, maka saya akan ambil langkah tindakan tegas,” kata mantan Kapolres Limapuluh Kota ini tegas.

Sumber: Padangmedia.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: