7 Unit Armada Sampah Baru Beroperasi

Ilustrasi| Foto: solopos.com |

Ilustrasi
| Foto: solopos.com |

Padang – Persoalan pengangkutan sampah di Kota Padang agaknya sedikit teratasi. Pasalnya, hari ini (1/4) telah resmi beroperasi tujuh unit mobil dump truk pengangkut sampah. Selain itu, ada 14 kontainer sampah yang diyakini bisa menampung sampah sementara.

“Kalau tujuh unit itu beroperasi, tentunya bisa mengurangi penumpukan sampah di Kota Padang. Selain tujuh unit mobil, DKP Padang mendapatkan 14 kontainer sampah bantuan dari sejumlah perusahaan,” kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Padang, Zabendri, akhir pekan lalu.

Dengan begitu, kata Zabendri, saat ini DKP Padang memiliki 60 unit armada terdiri dari dump truk dan amral. “Sebelumnya untuk pengangkutan sampah, menjadi persoalan tersendiri. Pasalnya, produksi sampah di Kota Padang dalam satu hari mencapai 600 ton sehari. Selama ini, pengangkutan sampah di masyarakat baru mencapai 50 persen. Dengan begitu, banyak titik-titik pengumpulan sampah sementara tidak terangkut,” ujarnya.

Zabendri meyakini dengan penambahan armada ini tumpukan sampah tadi bisa dikurangi. Apalagi, DKP telah menerapkan sistem dua shif kerja. “Saya nilai penambahan ini sudah bisa mengurangi tumpukan sampah di masyarakat,” ulasnya.

Untuk mengoptimalkan pengangkatan sampah ini, juga diperlukan peran masyarakat. Misalnya mengantarkan sampah hingga ke tempat pembuangan sementara. Kalau perlu dilakukan pengolahan di lingkungan masyarakat itu sendiri. “Misalnya dengan membuang bank sampah, atau pengolahan sampah menjadi kompos,” ujarnya.

Harapan yang sama juga diungkapkan Pemerhati lingkungan yang juga Direktur Pascasarjana UBH, Nasfrizal Carlo. “Perilaku masyarakat juga menjadi kunci bersihnya lingkungan dari sampah. Salah satunya menaati aturan yang ada. Kalau masyarakat sadar akan kebersihan, tentu sampah mereka akan dibuang pada tempatnya,” harapnya.

Sumber: Padang Ekspres • Senin, 01/04/2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: