Pemberantasan Peti Perlu Kerja Sama Semua Pihak

Ilustrasi| Foto: padangekspres.co.id |

Ilustrasi
| Foto: padangekspres.co.id |

Padang Aro – Kapolres Solok Selatan, Sumatera Barat, AKBP Djoko Trisulo mengatakan perlu kerja sama semua pihak dalan memberantas penambangan emas tanpa izin (Peti) yang marak di daerah itu.

“Untuk memberantas penambangan emas liar, tidak bisa hanya mengandalkan personel kepolisian tetapi harus ada kerja sama semua unsur seperti masyarakat, pemda, dan TNI,” sebut Djoko di Padang Aro, Selasa.

Ia mengatakan, jika hanya mengandalkan personel kepolisian yang jumlah serta perlengkapannya terbatas, maka permasalahan penambangan emas ilegal tidak akan selesai.

“Jika hanya dari kepolisian saja yang melakukan penertiban, maka akan babak belur karena rintangannya sangat banyak,” katanya.

Ia mencontohkan, halangan yang nyata saja berupa susahnya akses ke lapangan karena medannya susah, jaringan komunikasi juga tidak ada serta jumlah personel yang terbatas.

Menurut dia, potensi penambangan emas ilegal dan pembalakan liar di Solok Selatan memang cukup besar karena daerah itu 70 persennya terdiri dari kawasan hutan serta.

Menurut dia, potensi penambangan emas ilegal dan pembalakan liar di Solok Selatan memang cukup besar karena daerah itu 70 persennya terdiri dari kawasan hutan serta kekayaan alam seperti emas yang melimpah.

“Karena kawasan hutan banyak serta potensi emas dan biji besi banyak maka potensi pembalakan liar dan penambangan emas ilegal tinggi,” jelasnya.

Ia menyebutkan, seharusnya pengumpulan semua Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) serta Muspida dan lapisan masyarakat sudah bisa dilakukan sejak tahun lalu sehingga permasalahan penambangan emas ilegal bisa lebih cepat teratasi.

“Tetapi mungkin saja belum ada terpikir serta niat sampai ke situ belum ada, sehingga baru sekarang bisa terlaksana. Ini merupakan kegiatan yang sangat bagus demi kemajuan Solok Selatan,” kata dia.
Dikatakannya, niat untuk memberantas penambangan emas ilegal ini harus didukung semua unsur biarpun terlambat.

“Pihak kepolisian sudah sering melakukan penindakan penambangan emas liar dan menangkap sebanyak 12 unit ekskavator yang sekarang ditahan di Mapolres Solok Selatan,” katanya.

Sumber: antarasumbar.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: